VAKSINASI PASCA KEBIJAKAN INBUP PERCEPATAN TEMBUS REKOR BARU DI PUTAT

wahyun 14 April 2022 04:22:23 WIB

Putat (SIDA) – Dalam rangka percepatan capaian angka vaksinasi di Kabupaten Gunungkidul, Bupati Sunaryanta mengeluarkan Instruksi Bupati Nomor 440/1902 tentang percepatan vaksinasi yang salah satu isinya menjelaskan bahwa penerima Jaminan Sosial harus sudah divaksin . Sebagai dampak dari Inbup ini penerimaan BLT minyak goreng dan Sembako Tunai yang dilaksanakan pada bulan April 2022 ini mengharuskan para penerima bansos (KPM) harus melaksanakan vaksinasi terlebih dahulu.

Kalurahan Putat pada Rabu (13/04/2022) melaksanakan vaksinasi untuk para penerima bansos yang akan dilaksanakan pada Senin (18/04/2022) nanti. Vakisnasi ini juga terbuka untuk masyarakat umum. Vaksin yang digunakan dalam kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan di Aula Kalurahan Putat sejak pukul 08.00 s.d. 12.00 WIB ini adalah jenis Astrazenica. Vaksin melayani dosis 1, dosis 2. Dan Booster.

Vaksinasi Covid 19 yang dilaksanakan oleh Puskesmas Patuk II ini melayani 414 masyarakat. Angka ini merupakan capaian vaksinasi terbanyak yang pernah diselenggarakan di Kalurahan Putat. Dari angka masyarakat yang hadir ini tercatat 377 orang lolos vaksin dan tunda vaksin sebanyak 37 orang. Pelayanan vaksin meliputi 353 orang mendapatkan vaksin Booster, dosis 2 sebanyak 1 orang, dan dosis 1 sebanyak 23 orang. Tercatata pula 111 orang dari peserta vaksinasi merupakan lansia.

Vaksinasi terbaru ini menjadi syarat bagi KPM untuk dapat mengambil bansos tersebut. Bagi KPM yang tertunda vaksin berdasarkan hasil screening tenaga medis diberikan surat keterangan tunda vaksin yang berlaku untuk dua minggu. Surat ini dapat digunakan untuk mengambil bansos. Oleh karena itu Kamituwa menghimbau kepada masyarakat untuk datang ke lokasi vaksinasi sekalipun kondisi sedang tidak sehat untuk tetap mendapatkan screening dokter. “Sehingga walaupun kondisi tunda vaksin tidak menjadi kendala dalam pengambilan bansos nanti,”ujarnya.

Pelaksanaan vakisnasi yang selesai sekitar pulul 13.00 WIB ini dimonitoring langsung oleh Kapolsek Patuk dan Kapanewon Patuk. Selain itu Babinsa, Bhabinkamtibmas, kader, dan relawan PPKM Kalurahan Putat turut membantu pelaksanaan acara vaksinasi sehingga kegiatan dapat berjalan dengan tertib dan lancer. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT