BKB BERSAMA PUSKESMAS PATUK II

wahyun 09 April 2022 14:03:11 WIB

Putat (SIDA) – Dalam rangka peningkatan kapasitas pengasuhan para orang tua untuk memaksimalkan tumbuh kembang balita di Kalurahan Putat, Pemerintah Kalurahan Putat Kapanewon Patuk Kabupaten Gunungkidul melaksanakan kegiatan BKB (Bina Keluarga Balita). Program yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini dilaksanakan pada Sabtu (09/04/2022) di Aula Kalurahan Putat.

Kegiatan yang menjadi ketugasan Kamituwa ini dihadiri oleh 30 peserta yang terdiri perwakilan kader kesehatan dari sembilan padukuhan, Pokja II PKK Kalurahan Putat yang membidangi BKB, dan para orang tua yang memiliki balita dengan prioritas utama adalah orang tua yang memiliki anak dengan tumbuh kembang belum maksimal. Bhabinkamtibmas, Aipda Nanang Sugiyanto, juga turut hadir pada acara yang dianggarkan dari Dana Desa ini.

Sebagai narasumber dari kegiatan yang merupakan kerja sama dengan Puskemas Patuk II ini adalah Sri Wahyuni dan Disa Upik S. yang merupakan tenaga kesehatan bagian MTBS di Puskesmas Patuk II. Dalam materinya, narasumber yang biasa dipanggih Bu Yuni ini menjelaskan panjang lebar tentang bagaimana mengidentifikasi kondisi tumbuh kembang balita dan upaya apa saja yang harus dilaksanakan agar balita memiliki tumbuh kembang optimal. “Pola asuh untuk memaksimalkan tumbuh kembang balita harus dimulai sejak bayi lahir,” ujarnya. “Bagaiamana ASI-nya, MPASI-nya, komposisi makanannya, perkembangan fisik dan psikisnya, semuanya harus diperhatikan dengan baik,” jelasnya.

Dalam materi kedua, Disa Upik S., menyampaikan materi tentang vaksinasi dasar untuk bayi. Selain itu, tenaga kesehatan yang akrab disapa Mbak Upik ini juga menyampaikan tentang vaksinasi Covid 19 untuk masyarakat dan instruksi Bupati Gunungkidul tentang percepatan vaksinasi Covid 19.

Dalam kesempatan tanya jawab, beberapa peserta mengajukan pertanyaan sebagai indikasi para peserta antusias mengikuti acara BKB ini meskipun ditengah hiruk pikuknya para balita yang kebetulan diajak orang tuanya dalam mengikuti kegiatan.[YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT