PELATIHAN OLAHAN MAKANAN BERBAHAN LOKAL SELESAI, DESA PRIMA BELAJAR BANYAK RESEP

wahyun 24 Maret 2022 19:13:21 WIB

Putat (SIDA) – Pelatihan olahan makanan berbahan dasar local yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Tenaga Kerja di Kalurahan Putat telah selesai pada Kamis (24/03/2022). Pelatihan yang diiukti oleh 20 anggota Desa Prima ini merupakan program PIWK yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para perempuan pelaku usaha terutama yang berkecimpung dalam bidang olahan makanan.

Pelatihan selama tiga hari ini ditutup langsung oleh Dinas Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Tenaga Kerja, Nur Agus Basuki, SIP., MM., selaku kepala bidang Koperasi dan dihadiri Ibu Wakil Bupati Gunungkidul, Marzukoh. Sebelum acara secara resmi ditutup, sosok yang jga merupakan pemerhati UMKM di Gunungkidul ini memberikan sambutan yang isinya berpesan kepada peserta pelatihan untuk memaksimalkan potensi alam yang ada di sekitar dengan memanfaatkan keterampilan yang telah diajarkan untuk meningkatkan kesejahteraan. Nur Agus Basuki, SIP., MM. juga menyampaikan terima kasih kepada para peserta pelatihan yang telah mengikuti pelatihan dengan semangat dan optimal. Selain itu Nur Agus Basuki, SIP., MM. juga berharap ilmu yang telah diberikan oleh trainer dapat diaplikasikan dalam pengembangan usaha baik usaha pribadi ataupun kelompok.

Dalam sesi evaluasi Kamituwa Kalurahan Putat yang menunggui jalannya pelatihan selama tiga hari ini menyampaiakan terima kasih kepada pemateri, Tri Budi Lestari, atas ilmu dan dampingan yang telah diberikan.”Semoga Bu Tri tetap berkenan mendampingi ibu-ibu secara tidak langsung,” harapnya. Kamituwa juga berpesan kepada para peserta untuk menindaklanjuti pelatihan dengan memperluas promosi dan siap menerima pesanan. “Terlebih sebentar lagi Bulan Ramadhan, bertambahnya ilmu ibu-ibu peserta dapat menambah varian makanan yang dijual nanti,” ujarnya.

Pelatihan yang dilaksanakan di rumah produksi Desa Prima Gumregah ini menghasilkan delapan resep olahan makanan berbahan dasar lokal. Hari pertama difokuskan praktek empat resep oalahan makanan kering sedangkan hari kedua membuat olahan makanan basah berupa kue bolu kelapa, bolu kukus, bika singkong, dan bolen pisang. Semua kue hasil pelatihan dibagikan kepada Dinas Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Tenaga Kerja, Pemerintah Kalurahan Putat, dan semua peserta pelatihan. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT