PELATIHAN OLAHAN MAKANAN BERBAHAN LOKAL HARI KEDUA

wahyun 23 Maret 2022 12:04:59 WIB

Putat (SIDA) – Pelatihan olahan makanan berbahan dasar local kembali dilaksanakan di hari kedua pada Rabu (23/03/2022). Pelatihan yang diselenggarakan di rumah produksi Desa Prima hari kedua ini diagendakan membuat olahan makanan kering berbahan dasar singkong, ubi, labu, dan pisang. Adapun produk olahan makanan yang dihasilkan adalah keripik pisang, stik labu, onde-onde ketawa berbahan ubi, dan tortilla singkong.

Sebagai pelatih untuk pelatihan ini adalah Tri Budi Lestari, pemberdaya kaum perempuan di bidang UMKM dan pengembang produk olahan berbasis local di Gunungkidul. Sebelum agenda memasak dimulai, Kamituwa memimpin untuk berdoa dan pelatih memberikan arahan.

Bahan yang digunakan dalam pelatihan olahan makanan ini adalah bahan-bahan yang sudah umum ada di masyarakat dan merupakan hasil pertanian masyarakat di pedesaan. Dengan pengolahan ini nilai jual dari hasil pertanian masyarakat akan menjadi lebih tinggi.

Dinas Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Tenaga Kerja melakukan monitoring secara langsung. Kamituwa selaku perwakilan dari Pemerintahan Kalurahan Putat juga menunggui pelaksanaan pelatihan ini dari awal sampai selesai. Hasil dari pelatihan yang merupakan program PIWK ini sebagian akan diberikan untuk Dinas Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Tenaga Kerja sebagai laporan hasil pelatihan dan Sebagian dibagi rata untuk peserta pelatihan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT