TRADISI SEDEKAHAN RUWAHAN WARGA PADUKUHAN BATUR

Tari 21 Maret 2022 09:14:45 WIB

Putat (SIDA) – Warga Padukuhan Batur mengadakan acara sedekahan ruwahan yaitu sebuah tradisi yang sudah sejak dulu dilakukan disetiap pertengahan bulan Ruwah masyarakat Padukuhan Batu mengadakan acara kenduri ruwahan. Acara dilaksanakan pada hari Sabtu 23 Maret 2022 di Joglo Batur.

Acara dihadiri oleh seluruh warga Padukuhan Batur dengan membawa sedekahan berupa makanan beserta lauk pauknya dan juga peyek yang wajib harus di bawa. Makanan tersebut ditempatkan dalam nampan kemudian dibungkus dengan taplak meja. Setelah sampai di Joglo makanan tersebut diletakkan ditengah dan di kelilingi oleh warga yang duduk mengelilingi makanan tersebut. Setelah semua makanan terkumpul kemudian didoakan oleh rois. Setelah selesai didoakan kemudian makanan tersebut dibuka dan dimakan bersama-sama oleh warga.

Tradisi ini sudah turun temurun dan selalu dilaksanakan setiap tahunnya. Warga Padukuhan Batur masih memegang tradisi tersebut untuk menghormati leluhur. Dalam acara kenduri tersebut juga disampaikan berbagai pemberitahuan penting terkait program masyarakat ataupun Pemerintah Kalurahan.

Dalam pelaksanaan acara kenduri tetpa mematuhi protocol kesehatan karena masih dalam masa pandemic covid. Acara kenduri dihadiri oleh oleh warga baik laki-laki ataupun perempuan, perwakilan 1 orang dalam 1 KK. Bukan hanya Padukuhan Batur namun seluruh Padukuhan yang ada di Kalurahan Putat juga melakukan tradisi ruwahan tersebut.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT