DESA PRIMA GUMREGAH PRODUKSI KUE KERING PERDANA

wahyun 13 Maret 2022 13:43:22 WIB

Putat (SIDA) – Tahun 2021 lalu Kalurahan Putat meberikan fasilitasi untuk Desa Preneur berupa oven besar tiga tingkat. Fasilitasi dalam rangka pengembangan UMKM ini menggunakan Dana Keistimewaan yang diberikan kepada Kalurahan Putat sebagai Desa Mandiri Budaya. Dengan sarana ini diharapkan dapat mendukung kegiatan UMKM berupa olahan makanan baik yang tergabung dalam kelompok Desa Preneur atau Desa Prima.

Sabtu (12/03/2022) Desa Prima Gumregah Kalurahan Putat pertama kali melakukan uji coba memanfaatkan oven yang sudah ditempatkan di rumah produksi. Kelompok yang terdiri dari para pelaku usaha perempuan ini membuat kue kering seperti kue putri salju, kastangel, nastar, dan kue kering lainnya. Dari kegiatan produksi kue perdana ini, Desa Prima Gumregah berhasil membuat kue yang enak dan layak untuk dipasarkan kepada khalayak umum.

Kegiatan produksi kue kering ini sudah cukup lama direncanakan akan dilakukan oleh kelompok Desa Prima. Namun karena sebelumnya masih ada beberapa kendala diantaranya kesiapan sarana prasarana berupa listrik dan instalasinya yang belum siap, kegiatan yang dilaksanakan di rumah produksi Desa Prima ini baru dapat terlaksana saat ini. Selain untuk dipasarkan secara umum, produksi kue kering ini juga ditujukan untuk mempersiapkan Kelompok Desa Prima agar dapat menerima pesanan kue lebaran yang akan tiba dua bulan lagi.

Selain menerima pesanan kue lebaran Desa Prima Gumregah juga berencana akan membuat lapak menjelang berbuka puasa pada saat Bulan Ramadhan nanti. Lapak ini akan menjual berbagai produk dari anggota kelompok Desa Prima. “Dengan aktifnya Desa Prima melaksanakan kegiatan-kegiatan baik itu produksi dan pemasaran, harapannya kedepan Desa Prima Gumregah akan konsisten mengalami kemajuan,” jelas Sukarni selaku ketua Desa Prima. “Kelompok ini diiharapkan benar dapat meningkatkan kesejahteraan para perempuan pelaku usaha,” imbuhnya. [YN

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT