KADER DESA, PENDIDIK PAUD DAN TK DI DESA PUTAT BISA “NYICIL NGGUYU”

09 Mei 2017 20:36:01 WIB

Putat) Kader Desa, Pendidik PAUD dan TK di Desa Putat bisa “nyicil ngguyu”. Hal ini karena pengganti curahan waktu, tenaga dan pikiran yang telah mereka abdikan bagi warga di Desa Putat akan dicairkan. Meski apa yang diterima tidak sebanding dengan apa yang mereka abdikan selama ini, tapi hal itu tidak menjadikan mereka putus asa dan meninggalkan tanggung jawab mereka.

Seperti pada berita sebelumnya, bahwa sehubungan dengan cairnya Dana Desa Tahap I dimana Pemberdayaan Kader Desa, Pendidik PAUD dan TK serta dukungan operasional PAUD ada di dalamnya maka kemungkinan besar kegiatan tersebut akan ikut dicairkan. “Ya bisa disebut nyicil ngguyu itu tadi. Karena memang selama itu yang dinanti oleh mereka sebagai pengganti uang lelah yang gak seberapa ini. Tapi ada kenaikan kok dari tahun lalu.” Jelas Juni.

Tahun 2016 Pemerintah Desa Putat memberikan pengganti uang lelah bagi Kader Desa sebesar Rp. 35.000 per orang pada tiap bulannya, pada tahun 2017 ini alokasi anggaran tersebut belum bisa dinaikkan karena keterbatasan anggaran. Sedangkan Pendidik TK pada tahun 2016 Rp. 125.000 per orang per bulan, pada tahun 2017 ini menjadi Rp. 150.000 per orang per bulan. Demikian pula dengan Pendidik PAUD yang pada tahun 2016 Rp. 100.000 per orang per bulan, pada tahun 2017 ini menjadi Rp. 125.000 per orang per bulan. Sedangkan untuk operasional PAUD tetap pada angka Rp. 500.000 per lembaga per tahun.

Di Desa Putat ada 3 (tiga) lembaga PAUD yang semula ada 5 (lima) lembaga. Penurunan jumlah ini dikarenakan kurang produktifnya lembaga yang disebabkan karena jumlah peserta didik yang minim serta jumlah pendidik yang juga berkurang.

“Ya mungkin ada yang bertanya, Pendidik PAUD dan TK kok bisa naik sedangkan Kader Desa gak naik, dan itu pasti jadi pertanyaan. Tapi tentunya Pemerintah Desa Putat juga berhitung dengan kalkulasi anggaran. Kader Desa Putat ada 96 orang, ini adalah jumlah Kader terbanyak di Kecamatan Patuk dan honor kita juga sudah tertinggi lho. Nah kalau Pendidik PAUD Cuma ada 9 orang, Pendidik TK ada 2 orang ditambah Petugas Administrasi TK ada 1 orang. Bisa dihitung sendiri to jumlahnya.” Juni menjelaskan.

Total anggaran untuk PAUD dan TK tahun 2017 mencapai Rp. 20.700.000,- sedangkan untuk Kader Desa mencapai Rp. 42.840.000,-. Selisihnya hampir mencapai 50% sehingga untuk Kader Desa belum bisa menaikkan anggaran pada tahun 2017 ini. Namun demikian semoga hal ini tidak mengurangi rasa pengabdian dari Kader Desa, Pendidik PAUD dan TK di Desa Putat bagi masyarakatnya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT