PKK MULAI LAGI USAHA KACANG SANGAN

wahyun 26 Februari 2022 15:12:43 WIB

Putat (SIDA) – Sabtu (26/02/2022) PKK Kalurahan Putat Kembali mengaktifkan kegiatan produksi kacang sangan setelah beberapa waktu sempat terhenti. Kondisi pandemi mempengaruhi hasil penjualan kacang sangan yang dititipkan di warung-warung mengalami penurunan sehingga PKK memutuskan untuk menghentikan produksi sementara waktu.

Produksi kacang sangan dilakukan di salah satu rumah pengurus PKK, Trinasih, yang bertempat di Padukuhan Putat Wetan. Kegiatan yang dihadiri perwakilan dari masing-masing padukuhan ini mengolah 12 kg kacang kulit. “Sebenarnya alat kacang sangan ini memiliki kapasitas 30 kg kacang kulit, tapi karena ini masih uji coba makanya 12 kg dulu,” terang Sukarni, salah satu pengurus PKK sekaligus yang berperan melatih anggota yang lain dalam produksi kacang sangan ini.

Selain untuk pemberdayaan pengurus dan anggota PKK dalam rangka peningkatan ekonomi kelompok, kegiatan produksi kacang sangan ini merupakan upaya pemerintah Kalurahan Putat untuk meningkatkan kapasitas UMKM di kelompok-kelompok yang ada di Kalurahan Putat. Kegiatan ini selain didukung oleh dana desa pada awal mulanya juga didukung oleh Dana Keistimewaan yang diberikan kepada Kalurahan Putat sebagai Desa Mandiri Budaya pada tahun 2021. “Dengan adanya dukungan dari pemerintah secara terus menerus untuk pengembangan kelompok PKK ini, kami berharap kelompok PKK tambah semangat dan kompak,” harap Kamituwa yang turut hadir dalam kegiatan produksi kacang sangan tersebut.

Selanjutnya produksi kelompok PKK berupa kacang sangan ini selain akan dipasarkan secara offline dengan menitipkan ke warung-warung di Kalurahan Putat juga akan dipasarkan secara online melalui media sosial. “Kita rutinkan produksi dan kita gencarkan pemasaran sehingga produksi kacang sangan akan terus berjalan,” harap ketua TP-PKK, Murtini. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT