SERUPUTAN (SERUNI PUTAT WETAN), SEHAT DAN SEGAR

wahyun 27 Januari 2022 14:44:20 WIB

SERUPUTAN (SERUNI PUTAT WETAN), SEHAT DAN SEGAR

Putat (SIDA) - Serai atau sereh ( Cymbopogon citratus) adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan. Di tangan kreatif para ibu PKK di Padukuhan Putat Wetan Kalurahan Putat Kapanewon Patuk, tanaman yang sangat mudah hidup di berbagai kondisi tanah ini dimanfaatkan untuk membuat minuman segar yaitu wedang seruni yang mereka beri nama SERUPUTAN, kependekan dari Seruni Putat Wetan.

Selain memanfaatkan serai, untuk membuat minuman segar sekaligus menyehatkan ini juga dicampur dengan jeruk nipis. Dengan adanya produk ini PKK Putat Wetan dapat meningkatkan nilai ekonomi serai dan jeruk nipis yang semula hanya dijual murah untuk batang serai dan jeruk nipis hasil panen, sekarang dapat bernilai lebih tinggi.

Minuman ini dikemas dengan botol almond berkapasitas 250 ml sehingga mudah dibawa atau disimpan dalam tas. Selain dapat membeli dalam kemasan botol yang dijual dengan harga Rp 5.000,00 rupiah, kini Seruputan juga dapat diorder atau dibeli dalam kemasan karton. Produk ini sudah bisa bertahan dalam jangka cukup lama yaitu satu bulan sehingga bisa dikirim ke mana saja. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT