MONITORING DESA PRIMA DAN PENGUMPULAN DATA OLEH DP3AP2 DI PUTAT

wahyun 24 Januari 2022 16:00:59 WIB

Putat (SIDA) – Senin (24/01/2022) Desa Prima Gumregah Kalurahan Putat menyambut kedatangan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY dalam rangka monitoring Desa Prima dan pengumpulan data. Acara monitoring dilaksanakan di ruang rapat Kalurahan Putat. Acara yang dimulai pukul 10.00 WIB ini dihadiri oleh pihak DP3AP2 yaitu Arif Nasiruddin, S.Psi., M.A. selaku Kepala Seksi Data Informasi Gender Dan Kerjasama (IIIc) dan Eko, Lurah Putat, Carik, Kamituwa, dan pengurus Desa Prima.

Di awal acara Lurah Putat, Rusbandi, memberikan sambutan pengantar. Lurah Putat yang baru ini menyampaikan terima kasih kepada DP3AP2 atas bimbingan dan arahan yang diberikan selama ini sehingga Desa Prima Gumregah sebagai salah satu aspek Desa Mandiri Budaya dapat berjalan masif dan progresif. Kamituwa yang bertugas sebagai pembawa acara sekaligus pengampu bidang Desa Prima menyampaikan secara singkat bahwa Desa Prima Gumregah Putat aktif dalam berkegiatan baik secara organisasi dan produksi.

Acara inti yaitu pengarahan dan monitoring dari DP3AP2 disampaikan oleh Arif Nasiruddin, S.Psi., M.A.. Pertama disampaikan dan dijelaskan secara teknis tentang primacenter.com. Piranti berbasis web ini merupakan media yang dikembangkan oleh DP3AP2 untuk memfasilitasi data semua Desa Prima di DIY. Selain itu web ini juga berfungsi sebagai media pemasaran produk-produk Desa Prima. Sebelumnya disampaikan bahwa berbeda dari tahun sebelumnya Desa Prima sekarang tidak hanya membidangi usaha ekonomi perempuan saja, melainkan juga dikembangkan pada bidang pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, dan implementasi PPRG (Perencanaan dan Pengannggaran yang Responsif Gender) di kalurahan. Sehingga data yang ada di Prima Center melingkupi data keempat bidang tersebut.

Di akhir acara Arif Nasiruddin, S.Psi., M.A. menyampaikan bahwa setiap tahun Desa Prima akan dievaluasi dan akan mendapatkan predikat Desa Prima berdasarkan tingkat kemajuannya. “Semoga Desa Prima di Kalurahan Putat statusnya senantiasa mengalami kemajuan dari tahun ke tahun,” harapnya sebelum mengakhiri materi. Menjelang penutupan acara di para pengurus juga menyampaikan berbagai kendala yang dihadapi Desa Prima dan menjadi catatan DP3AP2 untuk diupayakan solusi untuk kedepannya.  [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT