DELAPAN TIPS MENGHILANGKAN KEBIASAAN NGEDOT SI KECIL

Tari 20 Desember 2021 20:16:10 WIB

Jogja,(pidjar.com)–Memberikan dot atau empeng kepada si kecil karena ini adalah cara mudah untuk membuatnya tidak rewel. Tapi lama-lama dot bisa menjadi barang penting buat si kecil. Tapi, tidak  gampang lho menghentikan kebiasaan ngedot si kecil. Apalagi si kecil udah mau sekolah. Kan malu.  Anda  memerlukan beberapa taktik untuk melakukannya. Berikut ini tips yang bisa  Anda  aplikasikan untuk menghentikan kebiasaan ngedot si kecil.

Tentukan Waktu yang Tepat

Umumnya bayi berusia 12 bulan sudah bisa dilatih untuk menggunakan gelas karena mereka sudah bisa menaikan kepalanya dan mampu memegang gelas  si kecil. Nah Anda, inilah kesempatan Anda untuk mulai melatih si kecil minum dari gelas dan mengurangi penggunaan botol susunya.

Kurangi Penggunakan Botol Susu

 

Kurangi frekuensi si kecil untuk menggunakan botolnya. Tentukan waktu-waktu tertentu bagi sikecil untuk menggunakan botol dan di waktu selanjutnya menggunakan cangkir (diselang-seling).

Pilihkan Cangkir yang Lucu

Si kecil   Anda  menyukai karakter kartun tertentu? Pilihkan cangkir dengan gambar atau bentuk karakter kartun tersebut. Atau ketika berbelanja, biarkan si kecil memilih sendiri cangkir yang ia sukai.

Buatkan Minumannya di Botol Lalu Pindahkan ke Cangkir

Saat membuatkan susu, tunjukka pada si kecil kalau  Anda  membuat minumannya di botol susu kesayangannya, tapi kemudian pindahkan isi botol ke dalam cangkir. Dengan cara ini si kecil tahu bahwa susu yang diberikan dalam cangkir kepadanya adalah susu yang sama yang biasa ia minum.

Sembunyikan Botol Susunya.

Saat si kecil meminta botol susunya di kembalikan, tawarkan dia cangkir kesayangannya. Perubahan butuh proses. Si kecil mungkin ngambek dan membuang gelasnya kelantai. Ketika si kecil merengek meminta botol susunya kembali. Sabar sajaaaa.

Jangan Menyerah

Kalau  Anda  selalu menyerah ketika ia merengek, maka akan semakin sulit untuk menghentikan kebisaan ngedotnya. Rayu si kecil dengan memberikan makanan atau cemilan kesukaannya atau ajak dia bermain dan melakukan hal menyenangkan untuk mengalihkan perhatiannya dari keinginan untuk minum dari botol.

Berikan Pujian

Memberikan pujian pada si kecil ketika mau minum dari gelas akan memberikannya motivasi. Berikan pujian manis dan tepuk tangan ketika ia mau minum dari gelas untuk menunjukkan rasa bangga dan dukungan  Anda  untuk menghentikan kebiasaan ngedot si kecil.

Biarkan si Kecil Meniru  Anda

Anda  bisa meminta si kecil untuk meniru  Anda  ketika minum dari gelas.  si kecil – si kecil  secara natural selalu ingin meniru orang tuanya. Ketika  Anda  mengajarkannya untuk menggunakan gelas,  Anda  juga perlu melakukan peragaan dengan minum bersamanya.

 

https://pidjar.com/21037-2/21037/

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT