ENAM TIPS PEREEDA PILEK ALAMI

Tari 30 November 2021 11:52:09 WIB

Jogja,(pidjar.com)–Di luar sana ada banyak jenis virus yang mengintai dan siap mengakibatkan pilek , terlebih jika musim pancaroba mulai menghampiri. Pastilah sebagaiorang tua, Anda akan sedih rsaat melihat si kecil sakit akibat gejala pilek seperti batuk, hidung mampet, atau demam. Menurut para pakar kesehatan, virus penyebab pilek tidak bisa dihilangkan dengan bantuan obat, adapun obat yang banyak beredar di pasaran ditujukan untuk meredakan gejala yang menyertai pilek saja. Kondisi tubuh yang lelah akan menyebabkan kekebalan tubuh melemah dan flu akan menyerang saat kondisi tubuh yang sistem kekebalannya melemah. Maka dari, sangat disarankan agar melakukan istirahat total.

Cara terbaik untuk melawan pilek dan flu adalah menjaga agar kondisi imunitas agar selalu berada dalam puncaknya. Berikan nutrisi cukup dan berimbang untuk menjaga kesehatan. Jika pilek terlanjur menyerang, tak perlu khawatir, dengan perawatan sederhana di rumah, flu akan hilang dalam waktu 4-10 hari tanpa harus minum obat kimia. Berikut beberapa tips pereda pilek alami dilansir dari berbagai sumber.

Madu

Telah banyak penelitian yang mengungkap manfaat madu bagi kesehatan. Satu di antara sekian banyak manfaat madu adalah meredakan batuk pilek. Beri satu sendok teh madu tiga kali sehari untuk meredakan gejala batuk pileknya. Simple, bukan?

 

Sup Ayam

Ya, sup hangat tidak hanya lezat disantap tapi ternyata dapat meredakan gejala pilek terutama hidung mampet. Hasil sebuah penelitian juga mengungkap bahwa bahan-bahan pembuat sup ayam dapat meredakan peradangan pada tenggorokan yang biasa menyebabkan batuk.

Uap Hangat

Biarkan anda menghirup uap hangat untuk meredakan hidung tersumbatnya. Cara termudah adalah dengan menuangkan air mendidih di ember di kamar mandi sehingga uapnya memenuhi ruangan. Akan lebih bagus kalau   memiliki alat pembuat uap (humidifier).

Banyak Minum Air Putih

Selain untuk menghindari dehidrasi, banyak minum dipercaya dapat menurunkan demam dan meredakan gejala pilek. Minum air putih sebanyak-banyaknya. Hindari minuman bersoda karena dapat memperburuk kondisi radang tengorokan mereka.

Gunakan Aroma Mentol / Mint

Menggunakan aroma mentol atau mint adalah salah satu cara dalam mengatasi penyakit flu atau pilek. Caranya mudah, anda hanya perlu mengoleskan minyak kayu putih atau balsam di dekat lubang hidung, tenggorokan dan dibagian dada Anda.

Berikan Minuman Hangat

Pada saat flu, akan ada banyak cairan yang terbuang melalui ingus, ludah dan keringat. Dan air hangat dapat membantu mengurangi hidung mampet, mencegah dehidrasi, dan melegakan tenggorokan yang terganggu. Selain itu, uap dari minuman panas juga dapat membantu mengencerkan lendir.

https://pidjar.com/enam-tips-pereda-pilek-alami-untuk-si-kecil/2209/

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT