FGD KEDUA MASTER PLAN KALURAHAN PUTAT

wahyun 13 November 2021 04:18:56 WIB

Putat (SIDA) - Salah satu bentuk pendampingan dan fasilitasi yang diterima Kalurahan Putat sebagai Desa Mandiri Budaya adalah pembuatan master plan untuk lima tahun ke depan. Master plan ini ditujukan sebagai upaya percepatan pembangungan sehingga dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki Kalurahan Putat.

Berkaitan dengan hal ini Jumat (12/11/2021) bertempat di Balai Kalurahan Putat dilaksanakan FGD kedua dengan agenda presentasi atau pemaparan master plan yang telah disusun Dinas Koperasi dan UMKM DIY yang merupakan dinas pendamping Kalurahan Putat sebagai Desa Mandiri Budaya. FGD kedua ini adalah tahapan lanjutan dari FGD pertama yang dilaksanakan beberapa waktu lalu dengan agenda penghimpunan usulan program untuk pengembangan potensi yang dimiliki Kalurahan Putat dan kunjungan langsung ke lapangan. Dengan adanya master plan ini diharapkan pembangunan dan pengembangan potensi di Kalurahan Putat dapat dilaksanakan dengan progresif dan terarah serta bertarget.

Dalam acara yang dilakukan semi daring yang dihadiri OPD terkait baik tingkat propinsi dan kabupaten secara daring serta pamong dan perwakilan lembaga secara luring ini disampaikan hasil penyusunan master plan untuk Kalurahan Putat yang meliputi pengembangan kawasan wisata Joglo Batur, Watu Joglo, Kampung Emas, Rumah Prodduksi Desa Prima dan Desa Preneur, Joglo Wiranom untuk rumah kreatif Karang Taruna, dan pengembangan produksi kakao di Padukuhan Gumawang. Setelah paparan selesai disampaikan, beberapa peserta acara yang hadir secara luring dan tamu undangan yang hadir acara daring menyampaikan masukan dan tambahan untuk penyempurnaan master plan ini. 

Dukuh Putat I, Agus Riyanto, menyampaikan bahwa selain pengembangan klaster-klaster potensi di Kalurahan Putat sebagaimana yang dipaparkan sebelumnya, hal yang juga sangat penting adalah mengubah wajah Kalurahan Putat agar orang ketika masuk atau lewat di sepanjang jalan nasional yang merupakan bagian dari Kalurahan Putat mereka merasakan penampilan berbeda dan tertarik untuk singgah. "Memoles wajah agar cantik dan menarik itu penting, " tegasnya. Heru Susilo sebagai perwakilan Karang Taruna juga menyampaiakan bahwa selain pembangunan fisik yang harus dilakukan juga adalah pembangunan sumber daya manusia yang kompeten. "Sehingga hasil pembangunan benar-benar dapat membawa hasil sesuai yang diharapkan jika dikelola oleh sumber daya yang kompeten, " ujarnya.[YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT