RUWATAN KALURAHAN PUTAT

Tari 12 November 2021 11:32:49 WIB

Putat (SIDA) – Pemerintah Kalurahan Putat mengadakan acara ruwatan untuk Kalurahan Putat yang di laksanakan di Joglo Batur pada hari Kamis 11 Novermber 2021. Acara Ruwatan bertujuan agar Kalurahan Putat mendaparkan berkah berupa keselamatan, kesehatan, kedamaian, ketentraman jiwa, kesejahteraan dan kebahagiaan bagi masyarakat Kalurahan Putat.

Dalam Acara Ruwatan di suguhkan pertunjukan wayang kulit  oleh Dalang Ki Cermo Joyo dari Ngleri Playen. Yang merupakan syarat atau adat tradisi yang tak dapat dipisahkan atau menjadi syarat utama dalam pelaksanaan acara ruwatan.  Ruwatan untuk Kalurahan Putat ditandai dengan penanaman bibit pohon kelapa di setiap perbatasan yang berbatasan dengan wilayah Kalurahan Putat. Di sebelah selatan berbatasan dengan Kalurahan Bunder, Barat dengan Kalurahan Beji, Utara dengan Kalurahan Nglanggeran dan timur dengan Kalurahan Nglegi. Penanaman bibit kelapa beserta ubo rampe di setiap titik perbatasan yang telah ditentukan dan sudah mendapat ijin dari pemilik tanah yang akan ditanami bibit pohon kelapa tersebut.

Warga Padukuhan Batur , Bobung dan Nglipar ikut dalam acara ruwatan yaitu mereka meruwat anak tunggal, anak kembar, anak yang berjumlah 2 dan laki-laki semua serta anak yang berjumlah 2 laki-laki dan perempuan. Syarat untuk di ruwat yaitu bahwa mereka tidak akan mendapatkan saudara lagi atau orang tua tersebut tidak akan mempunyai anak lagi kecuali hanya mereka.  Dalam tradisi jawa ruwatan berarti intik menjauhkan anak dari marabahaya.

Pertunjukan wayang ditampilkan kurang lebih selama 5 jam dan setelah pertunjukan wayang selesai dilanjutkan dengan acara ruwatan yaitu memoyong rambut peserta ruwatan untuk membuang sial dan kemudian di mandikan untuk pembersihan diri.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT