MAKANAN BERGIZI TIDAK HARUS MAHAL

Tari 12 Oktober 2021 12:43:23 WIB

Putat (SIDA) – Memasuki musim penghujan ada sejenis serangga yang kaya protein yang banyak di cari orang yaitu serangga bernama ‘’puthul’’. Sejenis serangga yang yang muncul hanya setahun sekali sebagai tanda memasuki musim penghujan. Gunungkidul yang terkenal akan makanan ekstrim seperti belalang dan kepompong ulat jati, ada tambahan lagi yaitu puthul.

Serangga ini hanya muncul saat petang hari setelah adzan magrib. Serangga ini akan muncul dari dalam tanah dan hinggap di dedaunan yang tidak tinggi dengan bergerombol atau bergandeng-gandengan untuk melakukan perkawinan. Di saat itulah biasanya masyarakat akan mengambilnya untuk dijadikan cemilan atau lauk.

Jenis serangga ini tidak menggigit dan jinak sehingga sangat mudah untuk ditangkap. Peralatan untuk menangkap puthul ini cukup dengan menggunakan tangan saja. Senter untuk menerangi dan tempat untuk menaruh puthul, bisa menggunakan plastic atau botol bekas minuman.

Puthul ini rasanya enak, bisa dimasak dengan cara di goring atau di bacem sesuai dengan selera. Bagi yang tidak alergi makanan ini sangat cocok untuk dijadikan lauk. Di masa pendemi ini bisa menghemat belanja lauk pauk karena bisa mengambil dari alam.

Masyarakat Kalurahan Putat banyak yang berburu puthul baik untuk dijadikan lauk sendiri ataupun untuk dijual. Karena harga perbotol bisa mencapai puluhan ribu. Kegiatan baru dan mempunyai sensasi dan kesan tersendiri, bisa menghilangkan stress dengan berburu puthul.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT