MBAH SUGI, SENIMAN YANG MENCINTAI KESENIAN TARI TOPENG HINGGA NAPAS TERAKHIR

Lian 30 September 2021 18:46:28 WIB

Putat (SIDA) - Sugiman, atau yang lebih dikenal dengan panggilan Mbah Sugi ini dikenal sebagai salah satu dari sekian orang yang nguri-uri kebudayaan Jawa berupa kesenian tari topeng. Pemilik nama lengkap Adi Suwarno ini aktif melatih para muda di Bobung untuk terus mengembangkan bakat dan minat pada kesenian satu ini, membawa mereka sampai dikenal banyak orang dan diundang ke berbagai acara pagelaran seni hingga ada satu acara eksklusif salah satu stasiun televisi yang meliput mengenai tari topeng ini.

Sejak kecil Mbah Sugi telah berlatih dan ikut pentas tari topeng yang memang sudah turun-temurun diajarkan oleh keluarganya. Dulunya ketika Mbah Sugi masih muda dan peminat kesenian ini masih banyak ia beserta rombongannya sering diundang di berbagai tempat untuk menghibur masyarakat, saat itu kesenian ini masih bisa digunakan sebagai ladang mencari nafkah. Namun, saat ini hanya untuk mencari bibit muda yang mau melestarikan kesenian ini saja cukup sulit, hanya ada generasi-generasi senja yang masih semangat mempertahankan kesenian tari topeng ini, termasuk Mbah Sugi semasa hidupnya.

Mbah Sugi menghembuskan napas terakhirnya pada 16 Agustus 2020 lalu di rumahnya. Bahkan selama dua tahun sejak ia dinyatakan menderita gangguan fungsi jantung dan harus beristirahat total, Mbah Sugi masih memikirkan lakon cerita apa yang akan ia buat. Ia menulis naskah di atas secarik kertas sebagai pengingat dan memupuk semangatnya untuk sembuh. Sakit yang sedang Mbah Sugi rasakan saat itu sama sekali tak menyurutkan semangatnya untuk mencintai kesenian tari topeng, ia melakukan apa yang ia bisa untuk terus melestarikan kesenian yang ia cintai itu meski hanya melalui naskah cerita yang ia tinggalkan untuk generasi berikutnya. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT