SOSIALISASI VAKSINNASI LANSIA HARI KEDUA

wahyun 20 Juni 2021 05:09:08 WIB

Putat (SIDA) - Pelaksanaan sosialisasi vaksin hari pertama mendapat respon positif dari para lansia. Sabtu (19/06/2021) Puskesmas Patuk II melanjutkan sosialisasi vaksin lansia di lima padukuhan lainnya yaitu Plumbungan, Gumawang, Putat Wetan, Putat I, dan Putat II. Pelaksanaan sosialisasi dimulai sejak pukul 09.00 WIB dengan alokasi waktu 1 jam untuk masing-masing padukuhan. Sosialisasi yang juga dihadiri Bahbinkamtibmas, Babinsa, serta pamong ini diselenggarakan di balai padukuhan dengan menghadirkan peserta sebanyak 35 lansia dari masing-masing padukuhan.

Jumlah lansia yang sudah divaksin masih sangat kecil. Plumbungan mencapai 22 lansia telah divaksin, Gamawang 7 lansia, Putat Wetan 5 lansia, Putat I sebanyak 2 lansia, dan Putat II mencapai 24 lansia. Capaian ini masih terhitung sedikit dibanding dengan jumlah lansia masing-masing padukuhan. 

Kendala yang dialami kader kesehatan dalam mengajak lansia untuk vaksin selama ini adalah belum pahamnya lansia terhadap pentingnya vaksin covid ini. Selain itu juga disebabkan pemahaman tidak benar sehingga menimbulkan ketakutan lansia untuk divaksin. Menindaklanjuti hal ini Puskesmas Patuk II mengambil langkah untuk melakukan sosialisasi touring ke semua padukuhan di Kalurahan Putat meskipun tidak ada anggaran dari Puskesmas. Sedangkan untuk anggaran minum snack acara sosialisasi ini menggunakan anggaran PPKM Kalurahan Putat.

Puskesmas Patuk II yang diwakili Siti Rahmawati, A.Md.Keb. menjelaskan kepada lansia bahwa lansia merupakan sasaran prioritas untuk divaksin karena lansia termasuk usia rentan. "Pemerintah ingin melindungi panjenengan semuanya, Mbah, " ujarnya. "Vaksin ini aman dan halal. Sudah digunakan di seluruh dunia dan sudah terbukti aman, " imbuhnya.

Babinsa juga menambahkan bahwa pemerintah akan memberikan konsekuensi kepada yang menolak vaksin padahal masuk sasaran. "Presiden mengeluarkan aturan bagi yang menolak bisa ditunda atau dihapus pelayanan atau bantuan dari pemerintah lho Mbah, " ujarnya. 

Dengan adanya sosialisasi ini Puskesmas Patuk II berharap kepada Kalurahan Putat untuk menambah angka vaksinasi di Kapanewon Patuk yang saat ini pencapaian vaksinasi lansia masih terendah dari 18 kapanewon di Kabupaten Gunungkidul.[YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT