SOSIALISASI VAKSINASI LANSIA HARI PERTAMA

wahyun 20 Juni 2021 05:08:28 WIB

Putat (SIDA) - Angka vaksinasi lansia Kalurahan Putat berdasarkan laporan yang disampaikan Puskesmas Patuk II per tanggal 17 Juni 2021 sebanyak 78 lansia terdaftar, 33 sudah divaksin, 28 tidak datang, sedangkan sisanya tertunda dan dibatalkan. Angka ini masih sangat kecil dibanding dengan jumlah lansia Kalurahan Putat sebanyak 702 berdasarkan data Dukcapil. Hal ini disebabkan masih rendahnya kemauan lansia untuk divaksin dikarenakan belum paham pentingnya vaksin atau kesalahan info yang diterima sehingga lansia takut untuk divaksin.

Menindaklanjuti kondisi ini Puskesmas Patuk II melaksanakan sosialisasi vaksin lansia di 9 padukuhan di Kalurahan Putat. Sosialisasi diselenggarakan dua hari yaitu Jumat (18/06/2021) dan Sabtu (19/06/2021).

Sosialisasi hari pertama di laksanakan di empat padukuhan yaitu Kepil, Sendangsari, Batur, dan Bobung. Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 WIB dengan alokasi waktu satu jam untuk masing-masing padukuhan.  

Dalam sosialisasi ini Puskesmas Patuk II yang diwakili Siti Rahmawati, A.Md.Keb. menyampaikan bahwa vaksin ini aman dan sudah digunakan di seluruh dunia. "Sudah terbukti aman, Mbah, " tegasnya dengan ramah. 

Bhabinkamrltibmas dan Babinsa juga memberikan penjelasan bahwa pemerintah bertindak tegas dengan konsekuensi bagi sasaran yang menolak vaksin yaitu berupa penundaan atau penghapusan layanan bantuan-bantuan dari pemerintah. "Pemerintah sudah banyak memberikan bantuan nggih Mbah? Nah ini pemerintah cuma mau kesediaan simbah untuk divaksin, " jelasnya. "Ini semua kembali untuk kebaikan Simbah semuanya, " imbuhnya.

Untuk menambah semangat para lansia, di akhir acara Puskesmas Patuk II membuat video pendek kesediaan lansia untuk divaksin. "Kami lansia siap di vaksin, Yes!, " seru para lansia bersama-sama. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT