TARGET JUNI SELESAI, PANEWU KUNJUNGI KALURAHAN UNTUK KOORDINASI VAKSIN LANSIA

wahyun 16 Juni 2021 22:36:01 WIB

Putat (SIDA) - Sebagai upaya pertahanan masyarakat dari Covid 19, pemerintah memberikan vaksin secara bertahap berdasarkan sasaran prioritas. Selain tenaga kesehatan dan pelayan publik, lansia juga menjadi sasaran prioritas untuk diberi vaksin. Hal ini dikarenakan lansia merupakan kelompok rentan. Imun yang dimiliki sudah menurun dan cenderung memiliki penyakit penyerta. Dengan diberikannya vaksin kepada kelompok ini diharapkan dapat memberi pertahanan sehingga ketika ternyata suatu ketika terpapar covid 19 maka tidak akan berakibat fatal. 

Mengingat pentingnya vaksin bagi lansia, Panewu Kapanewon Patuk beserta jajaran mengunjungi semua kalurahan di wilayahnya termasuk Kalurahan Putat pada Rabu (16/06/2021). Kunjungan ini diterima oleh kamituwa yang merupakan pengelola SID, sebagai sumber data lansia selain data yang diberikan oleh dukcapil sebagai data dampingan. 

Kamituwa menyampaikan laporan bahwa banyak lansia berdasarkan data penduduk yang disortir berdasarkan usia lebih dari atau sama dengan 60 tahun sebanyak 783 nama. Sedangkan info dari Dukcapil jumlah lansia Kalurahan Putat sebanyak 702 nama. "Perbedaan ini disebabkan SID tidak diupdate secara berkala. Kemungkinan selisih angka tersebut dikarenakan lansia yang sudah meninggal dunia, " terangnya. "Sehingga untuk dapat menggunakan data di SID harus melalui tahapan verval dulu, " imbuhnya. 

Panewu Patuk memberikan target waktu Senin (21/06/2021) Kalurahan Putat harus sudah melaksanakan vaksin. " Secara teknis monggo dikoordinasikan dengan Puskesmas agar jumlah lansia yang banyak itu dapat terlayani vaksin semuanya dengan baik, " tegasnya. "Teman-teman kalurahan dapat membantu secara teknis, sehingga vaksinasi lancar dan selesai dalam sehari kalau bisa, " lanjutnya.

Sebelum pelaksanaan vaksinasi, Puskesmas Patuk II bersama kalurahan dan Bhabinkamtibmas serta Babinsa akan menyelenggarakan sosialisasi vaksin lansia pada Jumat dan Sabtu minggu ini. "Dengan upaya ini diharapkan semua lansia bersedia divaksin, " terang Kamituwa kepada Panewu. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT