RAPAT DESA SIAGA, BAHAS VAKSINASI DAN PENANGANAN COVID

wahyun 14 Juni 2021 15:23:40 WIB

Putat (SIDA) - Senin (14/06/2021) berbarengan dengana agenda pertemuan rutin kader setiap tanggal 14 di setiap bulannya, Kamituwa sebagai pelaksana bidang Desa Siaga melaksanakan rapat Desa Siaga. Rapat yang dihadiri perwakilan kader dari setiap padukuhan ini menghadirkan narasumber dari Puskesmas Patuk II untuk memberikan arahan dalam rangka kesiap-siagaan Kalurahan Putat menghadapi pandemi covid 19. Dirasa Rapat Desa Siaga ini perlu dilaksanakn karena kasus covid 19 di Kalurahan Putat terus mengalami peningkatan.

Rapat Desa Siaga kali ini membahas tentang vaskinasi lansia dan pemaksimalan peran serta kader dalam upaya menjaga masyarakat dari penularan dan penyebaran covid 19. Dalam rangka melindungi masyarakat terutama lansia sebagai kelompok masyarakat yang rentan, pemerintah menjadikan lansia menjadi sasaran vaskinasi yang didahulukan. Namun demikian banyak lansia yang belum memahami pentingnya vaksinasi ini sehingga banyak yang menolak vaksin.

Siti Rahmawati, A.Md.Keb. yang juga merupakan bidan desa di Kalurahan Putat menyampaikan bahwa vaksin ini sebagai upaya pemerintah dalam penanggulangan covid agar masyarakat memiliki kekebalan sehingga pandemi covid akan segera berakhir. Roda perkonomian dapat berjalan optimal dan dunia pendidikan dapat dimulai kembali. Jika menolak vaksin sama artinya tidak ingin keluar dari pandemi ini. "Untuk mengakhir pandemi ini minimal 80% masyarakat Indonesia harus divaksin. Lansia menjadi prioritas karena lansia sangat rentan berkakibat fatal sampai kematian jika terkena Covid," tegasnya. "Saking cintanya pemerintah sampai-sampai presiden membuat peraturan jika menolak vaksin padahal menjadi sasaran prioritas vaksin, maka ada konsekuensi segala fasilitas pelayanan dari pemerintah bisa tertunda atau dibatalkan," lanjutnya.

Sulistyawati, A.Md.Keb. yang merupakan survelens covid di Puskesmas Patuk II berharap kader kesehatan sebagai pegiat kesehatan yang paling dekat dengan masyarakat melaksanakan tugas dan fungsinya sebaik mungkin. "Jika ada kejadian yang tidak biasa biasa mohon disampaikan ke puskesmas atau kalurahan untuk ditindaklanjuti. Jika ada masyarakat yang sakit mohon dimotivasi untuk mau periksa ke Puskesmas, " ujarnya. "Jangan malah sebaliknya, diam atau bahkan menyembunyikan," tambahnya.

sebagai tindak lanjut dari Rapat Desa Siaga ini, Puskesmas Patuk II bekerja sama dengan pemerintah Kalurahan Putat akan melaksanakan sosialisasi vaksinasi untuk lansia ke semua padukuhan di Kalurahan Putat. Sosialisasi akan dilaksanakan pada Jumat dan Sabtu, 18 dan 19 Juni 2021 di masing-masing padukuhan. Selanjutnya minggu depan diagendakan pelaksanaan vaksinasi. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT