KADER TBC BERIKAN PENYULUHAN DI KALURAHAN PUTAT

wahyun 14 Juni 2021 15:22:52 WIB

Putat (SIDA) - Tidak seperti pertemuan rutin kader biasanya, Senin (14/06/2021) pertemuan kader dibarengi dengan rapat Desa Siaga dan sosialisasi tentang TBC dari kader TBC Puskesmas Patuk II yaitu Sukarni dari Kalurahan Putat dan Sumiyati dari Kalurahan Ngoro-oro. 

Sebelumnya kader TBC ini telah mendapat pelatihan selama tiga hari. Dari hasil pelatihan itu kader TBC diminta untuk mensosialisasikannya di kalurahan-kalurahan wilayah Puskesmas Patuk II yaitu Nglegi, Putat, Ngoro-oro, Terbah, dan Nglanggeran. Kader TBC juga diberikan media peraga berupa papan materi dan tiga buah botol untuk pengambilan sampel dahak.

Sukarni menyampaikan, TBC dapat menular sebagaimana covid. Sehingga harus diatasi segera agar tidak menular dan berakibat fatal. "Jika ada orang yang sakit batuk lama monggo diarahkan ke Puskesmas untuk periksa. Jangan nunggu sembuh sendiri. Karena jika ternyata itu batuk TBC bisa berakibat fatal jika tidak segera diobati, " jelasnya. "Tahun 2020 lalu Putat ada 1 kematian karena TBC, jangan sampai terulang lagi karena telat penanganan, " imbuhnya.

Sumiyati menambahkan bahwa orang yang terkena TBC harus memakai masker untuk mencegah penularan. Selian itu pasien TBC harus sabar menjalani pengobatan karena TBC membutuhkan waktu lama yaitu 6 bulan. Obatnya pun juga banyak dan berukuran besar. Sehingga membutuhkan motivasi besar untuk sembuh dari TBC ini. "Oleh karena itu harua ada PMO, Petugas Monitoring Obat, yang bertugas mendisiplinkan pasien dalam minum obat, " jelasnya. "Sehingga pasien dapat menyelesaikan proses dan sembuh. Jika gagal di tengah jalan harus diulang dari awal dan akan lebih berat, " tegasnya.

Setelah sosialisasi TBC ini kader kesehatan Kalurahan Putat diharapkan dapat melakukan monitor di masyarakat sekitarnya. Jika ada kasus yang menjurus ke TBC ataupun covid diminta diarahkan untuk periksa ke Puskesmas. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT