TUJUH TIPS MEMBERSIHKAN UDARA DALAM RUMAH DENGAN MUDAH

Tari 07 Juni 2021 21:02:14 WIB

Jogja,(pidjar.com)–Tahukah Anda bahwa udara yang Anda hirup sehari-hari belum tentu 100% bersih. Pasalnya, ada debu, bakteri, bahkan zat-zat berbahaya yang tak kasat mata di udara seAndar Anda. Jika udara di seAndar Anda tidak bersih, maka Anda pun turut menghirup udara tersebut. Nah, menghirup udara yang kotor setiap hari dapat memengaruhi kondisi kesehatan sistem pernafasan dan kekebalan tubuh Anda. Adakah cara membersihkan udara di rumah yang paling mudah? Ini dia.

Bersihkan Ventilasi dan Jendela

Salah satu cara membersihkan udara di rumah yang paling sederhana adalah dimulai dengan membersihkan ventilasi dan jendela. Sebagai jalan masuk udara, ventilasi dan jendela di rumah Anda harus benar-benar bersih. Pastikan tidak ada debu yang menempel di ventilasi dan jendela agar udara yang masuk dari luar juga benar-benar bersih. Jika tak sempat membersihkan ventilasi dan jendela secara teratur, pasang saja filter atau kawat kasa sebagai penyaring debu. Meskipun tidak bisa menghalau debu 100%, setidaknya kawat kasa dapat meminimalisir debu yang masuk ke dalam rumah Anda.

Buka Jendela Setiap Hari

Apakah rumah Anda menggunakan pendingin ruangan? Tak ada yang salah dengan penggunaan AC di dalam rumah, tetapi cara membersihkan udara di kamar adalah dengan membuka jendela setiap hari. Saat AC sudah dimatikan, bukalah jendela lebar-lebar agar ada pertukaran udara dari dalam rumah dengan udara dari luar. Bukalah jendela setiap pagi hari, seAndar pukul 5-7 pagi. Udara di jam-jam tersebut masih segar dan belum membawa hawa panas. Di mana pun Anda tinggal, usahakan untuk membuka jendela setiap hari agar udara di rumah menjadi lebih segar karena terjadi pergantian udara.

Bersihkan Perabotan di Rumah

Penyebab kamar berdebu tak selalu berasal dari luar rumah, tapi bisa jadi penyebabnya ada di dalam rumah. Perabotan yang sudah lama tidak dibersihkan akan ditutupi oleh debu tebal. Debu inilah yang membuat udara di rumah jadi tercemar. Cara membersihkan udara di rumah bisa Anda lakukan dengan membersihkan perabotan setiap beberapa minggu sekali. Jangan tunggu perabotan Anda sampai berdebu agar udara di rumah tidak tercemar. Bersihkan seluruh perabotan setiap 1-2 minggu sekali.

Keluarkan Polutan dari Dalam Rumah

Polutan yang membuat udara tercemar ternyata tidak hanya berasal dari luar rumah, lho. Ada juga polutan di dalam rumah yang membuat kualitas udara menjadi buruk. Misalnya, asap rokok, asap pembakaran sampah, sampai dengan asap dari masakan Anda. Solusi yang terbaik adalah mengeluarkan polutan dari dalam rumah dengan bantuan exhaust fan. Kipas angin ini mampu menyedot udara dari dalam rumah untuk dikeluarkan dan diganti dengan udara baru dari luar. Oleh karena itu, jika rumah Anda memiliki banyak polutan sebaiknya pasanglah exhaust fan di rumah.

Bersihkan Lantai, Sofa, Karpet, dan Keset

Bukan hanya perabotan yang menjadi penyebab kamar berdebu, tetapi lantai, sofa, karpet, dan keset juga dapat menjadi pemicunya. Cara membersihkan udara di kamar juga bisa dimulai dengan membersihkan lantai. Jangan lupa untuk mengepel lantai setiap 1-2 hari sekali dengan menggunakan cairan pembersih lantai. Baik sofa, karpet, dan keset juga tidak boleh luput dari perhatian. Gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu dari ketiga barang-barang tersebut. Jika kondisi barang-barang itu sudah sangat kotor, cucilah sampai bersih dan keringkan sampai benar-benar kering agar tidak menyebabkan tumbuhnya jamur. Lantai yang bersih akan memengaruhi kualitas udara di dalam ruangan tersebut. Tentu saja karpet, sofa, dan keset yang bersih tidak akan mencemari udara di sekitarnya.

Hindari Penggunaan Barang yang Mengandung Zat Kimia

Tanpa Anda sadari barang-barang yang biasa Anda gunakan sehari-hari ternyata mengandung zat kimia berbahaya. Sebagai contoh, deterjen maupun pewangi yang dipakai untuk mencuci baju ternyata mengandung trichloroethylene dan perchloroethylene, zat kimia yang jika dihirup terus menerus dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan sistem saraf. Jika terpaksa menggunakan barang yang mengandung zat kimia, pastikan sirkulasi udara di rumah bagus sehingga terjadi pertukaran udara. Selain itu, baju yang baru saja dicuci sebaiknya dijemur di luar rumah agar kandungan bahan kimia di deterjen dan pewangi pakaian dapat menguap ketika baju dijemur di luar.

Tidak Menggunakan Produk Pengharum Ruangan

Untuk membuat udara di dalam ruangan jadi lebih segar, biasanya Anda akan menggunakan pengharum ruangan, entah itu yang disemprot atau digantung. Sayangnya, jika Anda ingin menerapkan cara membersihkan udara di rumah, Anda tidak diperkenankan untuk menggunakan pengharum ruangan. Hal tersebut dikarenakan pengharum ruangan mengandung etanol, fenol, kampor, dan formaldehida yang dapat mencemari udara.

https://pidjar.com/tujuh-cara-membersihkan-udara-dalam-rumah-dengan-mudah/15026/

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT