GAUNG GAMELAN KALURAHAN PUTAT MEMPERINGATI HARI JADI GUNUNGKIDUL

wahyun 26 Mei 2021 21:08:11 WIB

Putat (SIDA) - Rabu (27/05/2021) Kalurahan Putat sebagaimana arahan dari Pemerintah Daerah melaksanakan acara Gaung Gamelan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-190. Acara yang dilaksanakan di aula Kalurahan Putat ini dihadiri peserta terbatas sebanyak 40 tamu undangan yang terdiri dari pamong kalurahan, Bhabinkamtibmas, Babinsa, ketua lembaga, dan perwakilan tokoh masyarakat.

Dalam acara ini dipertunjukkan penampilan karawitan putri yang akan mengikuti festival karawitan Kabupaten Gunungkidul pada bulan Juni 2021. Kelompok yang terdiri dari anggota karang taruna Tunas Harapan ini menampilkan gending Gunungkidul dan Desa Budaya yang menjadi materi festival nanti.

Untuk mengingat kembali sekaligus mengenalkan sejarah Gunungkidul kepada masyarakat khususnya generasi muda, pembawa acara membacakan sejarah singkat dari berdirinya Kabupaten Gunungkidul pada 27 Mei 1831 hingga sekarang. 

Ulu-ulu Kalurahan Putat, Agus Aprianta, sebagai pelaksana bidang budaya juga mengagendakan penyerahan penggunaan kostum kesenian dan perangkat sablon serta alat publikasi untuk karang taruna. Kostum diserahkan secara simbolis dari Lurah Putat, Sukardi, kepada ketua Desa Budaya, Kemiran. Alat sablon dan publikasi diserahkan Lurah kepada perwakilan Karang Taruna Tunas Harapan, Nining Dwiningsih.

Dalam sambutannya Sukardi menyampaikan dengan moment Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ini dengan tema Cantut Taliwanda diharapkan menambah greget perjuangan dalam mengabdikan diri kepada masyarakat dalam semua bidang, baik ekonomi dengan menggunakan semaksimal dan sebaik mungkin sarana dan prasarana yang telah disediakan dengan dan keistimewaan dan di bidang kesehatan dengan bersama-sama melawan pandemi covid agar segera berakhir. "Hari ini harus dijadikan semangat kita dalan berjuang. Luruskan niat, bulatkan tekat untuk memajukan dan menyehatkan masyarakat, " tegasnya di akhir sambutan.[YN]

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT