SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN JAGA WARGA KALURAHAN PUTAT

wahyun 20 Mei 2021 11:51:07 WIB

Putat (SIDA) - Kamis (20/05/2021) Satpol PP Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan acara sosialisasi dan pendampingan Jaga Warga di 9 padukuhan di Kalurahan Putat. Acara dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi pagi pukul 09.00 dilaksanakan di lima padukuhan; Putat II, Putat Wetan, Plumbungan, Kepil, dan Sendangsari. Sedangkan sesi ke-dua dilaksanakan siang hari pukul 13.00 WIB di empat padukuhan; Batur, Bobung, Gumawang, dan Putat I.

Untuk mendampingi acara ini dan sebagai perwakilan dari Pemerintah Kalurahan Putat Jagabaya, Endah Dwi Astuti, SIP., telah membagi personil pamong, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa menjadi 9 tim. Masing-masing tim terdiri minimal dua orang pamong termasuk dukuh setempat.

Tujuan dari acara sosialisasi yang dihadiri 25 peserta tokoh masyarakat ini adalah memberi pemahaman kepada masyarakat khususnya pengurus Jaga Warga terkait latar belakang, pengertian, tujuan, dan segala sesuatu tentang jaga warga. Narasumber yang merupakan pendamping Jaga Warga memberikan ulasan dan gambaran kegiatan sehingga pengurus Jaga Warga tahu arah tujuan kedepannya.

"Jaga Warga ini merupakan program Pemerintah Daerah DIY yang merupakan inisiasi langsung oleh Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X, " terang  salah satu narasumber yang bertugas di Padukuhan Putat Wetan, Nunung Siwi Utari, ketika mengawali materinya. "Jaga Warga tidak hanya seputar keamanan dan ketertiban masyarakat saja, tetapi juga bagaimana agar nilai luhur warisan bangsa khususnya yang menjadi keistimewaan Yogyakarta dapat tumbuh dan berkembang lagi di tengah tantangan modernisasi, " lanjutnya.

Masyarakat mengikuti acara sosialisasi ini dengan antusias. "Kami mohon ada juklak dan juknis sebagai pegangan sehingga kami ada kesamaan pemahaman dalam menyampaikan kepada masyarakat," pinta Ngatija, salah satu Ketua RT di Padukuhan Putat Wetan. "Sebagai pranata sosial yang baru kami butuh arahan dan pendampingan intensif, " tegas Bawa Widiyanta, S.Pd., Ketua RW di Padukuhan Putat Wetan. [YN]

 

Dokumen Lampiran : SOSIALISASI PENDAMPINGN JAGA WARGA PADUKUHAN PUTAT WETAN


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT