REGENERASI PENGRAWIT, KARANG TARUNA GIAT LATIHAN

wahyun 19 Mei 2021 13:57:08 WIB

Putat (SIDA) - Dalam rangka regenerasi pelaku budaya khususnya pengrawit, Karang Taruna Tunas Harapan Kalurahan Putat menjadikan latihan karawitan sebagai salah satu program kegiatan. Rabu (19/05/2021), Karang Taruna berkolaborasi dengan pemain senior melaksanakan latihan karawitan di bawah bimbingan Pendamping Desa Budaya, Beni Wijaya, S.Sn. 

Latihan yang dilaksanakan di ruang gamelan aula Kalurahan Putat ini dalam rangka persiapan festifal yang akan diselenggarakan Bulan Agustus nanti. "Latihan ini menyiapkan acara bulan Agustus nanti, "terang salah satu pengrawit senior.

Meskipun tidak sedang menyiapkan acara, latihan juga rutin dilaksanakan. "Latihan rutin setiap seminggu sekali, biasanya hari Rabu," keterangan dari salah satu pengurus Karang Taruna.

Kalurahan Putat merupakan kalurahan yang banyak memiliki potensi budaya baik dalam bentuk fisik dn nonfisik. Ketersediaan sumber daya manusia pegiat budaya juga mendukung berkembangnya warisan budaya di kalurahan yang sejak tahun 2021 naik kelas menjadi Desa Mandiri Budaya ini. 

Lurah Putat berharap budaya yang merupakan salah satu kekayaan Kalurahan Putat tidak tergerus oleh perkembangan zaman. Regenerasi menjadi agenda penting yang harus dilakukan. "Regenerasi harus diutamanakan, agar budaya ini bisa diuri-uri," terangnya. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT