KOORDINASI BERSAMA TAKMIR MASJID PERSIAPAN LEBARAN

wahyun 07 Mei 2021 14:45:12 WIB

Putat (SIDA) - Menindaklanjuti hasil rapat koordinasi antara Satgas Covid Kapanewon dengan Lurah se-Kapanewon Patuk pada Kamis (06/05/2021) lalu, Pemerintah Kalurahan Putat melaksanakan koordinasi dengan Takmir masjid se-Kalurahan Putat dan para dukuh Jumat (07/05/2021). Rapat Koordinasi dengan agenda persiapan Idul Fitri ini dilaksaksanakan di Balai Kalurahan Putat dan dihadiri oleh takmir masjid, dukuh, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Lurah Putat.

Lurah Putat, Sukardi, menyampaikan arahan antara lain tentang pemudik, pelaksanaan takbir, dan sholat ied.

Sebagaimana isi surat edaran yang pernah disampaikan sebelumnya, para pemudik yang lolos datang ke Putat diminta melakukan karantina mandiri selama lima hari. "Jangan langsung ikut kegiatan masyarakat, misalnya sholat di masjid, " tegasnya. "Pihak takmir kami mohon mengarahkan baik-baik jika ada pemudik yang demikian di masjid Panjenengan, " tambahnya.

Pelaksanaan takbir tahun ini dimohon tidak melaksanakan takbir keliling. Cukup di masjid saja, dengan memperhatikan protokol kesehatan terutama penggunaan masker, mikrophone, dan jaga jarak selama mengumandangkan takbir.

Sholat Idul Fitri dapat dilaksanakan baik di masjid atau di lapangan dengan memperhatikan kapasitasnya. Pelaksanaan sholat Ied harus tetap memperhatikan protokol kesehatan. Setelah melaksanakan sholat, diminta masyarakat langsung mengikuti ikrar Syawal. Tidak diperkenankan halal bi halal dengan jabat tangan. Masyarakat juga diminta tidak melakukan syawalan dengan mengumpulkan orang seperti syawalan organisasi, trah, ataupun tempat kerja. "Monggo memanfaatkan media komunikasi yang sudah ada sebagai pengganti kunjungan langsung, " imbuhnya. 

Sebelum acara ditutup, Bhabinkamtibmas menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam atas kemitraan yang terbangun dengan baik antara pemerintah dan takmir masjid. "Tidak lain untuk menjaga masyarakat kita tetap khusu' namun tetap aman dalam merayakan hari besar kita, " ujarnya. 

Dalam kesempatan ini posko PPKM juga menyerahkan paket masker medis dan masker kain kepada takmir untuk diberikan kepada masyarakat yang belum memakai masker baik saat ibadah di masjid ataupun saat sholat ied nanti. [YN]

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT