RAPAT KOORDINASI POSKO PPKM BAHAS PEMUDIK

wahyun 03 Mei 2021 14:34:42 WIB

Putat (SIDA) - Menindaklanjuti surat edaran Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta tentang larangan mudik, Posko PPKM Kalurahan Putat mengadakan koordinasi dengan para dukuh. Acara koordinasi yang dipimpin Kamituwa ini dilaksanakan Senin (3/05/2021) di ruang Posko PPKM. Rapat yang dihadiri oleh dukuh lengkap dari 9 padukuhan, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan pamong ini membahas tentang pemudik yang kemungkinan akan tetap berdatangan di Kalurahan Putat meskipun pemerintah telah melarang mudik dan melakukan penyekatan di sejumlah titik perbatasan.

Dalam rangka monitoring dan menjaga keamanan serta kenyamanan masyarakat, Pemerintah Kalurahan Putat melalui posko PPKM memberlakukan beberapa aturan yang tertuang dalam surat edaran yang senada dengan isi surat edaran Gubernur DIY. Pemudik yang berhasil lolos sampai ke Kalurahan Putat harus menjalani karantina mandiri selama lima hari dan sudah harus membawa surat keterangan berupa hasil tes yang menyatakan negatif covid. Jika belum membawa berkas tersebut pemudik diminta melakukan tes mandiri di Puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya dengan pembiayaan sendiri. 

Dalam koordinasi tersebut semua dukuh juga diminta koordinasi dengan RW dan RT untuk melakukan pendataan jika ada pemudik dan melaporkannya ke posko PPKM untuk ditindaklanjuti. Selanjutnya pemudik akan didatangi tim posko PPKM untuk mendapatkan arahan dan edukasi. Selain itu sebagai bentuk dukungan untuk melaksanakan karantina mandiri bagi para pemudik, posko PPKM juga menyerahkan paket sembako. 

Dengan koordinasi ini diharapkan semua pemangku kebijakan wilayah padukuhan memberlakukan kebijakan yang sama sehingga ketika posko PPKM memberikan arahan kepada para pemudik tidak ada kesenjangan yang akhirnya malah menimbulkan masalah. "Dengan koordinasi ini diharapkan semua dukuh melaksanakan kebijakan yang sama terhadap pemudik, sehingga semua pemudik di Kalurahan Putat dapat termonitor dengan baik," ujar Bhabinkamtibmas dalam sambutan arahannya. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT