VERVAL DATA BANSOS LIBATKAN PEMANGKU PADUKUHAN

wahyun 25 April 2021 13:47:56 WIB

Putat (SIDA) - Upaya pemerintah untuk memastikan bantuan sosial yang diberikan menyasar tepat sasaran terus dilakukan. Langkah-langkah yang telah dilakukan oleh pemerintah pusat antara lain verifikasi dab validasi DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) secara berkala, verifikasi calon penerima bantuan baik itu BST, PKH, dan sembako sebelum ditetapkan, serta komunikasi intensif yang senantiasa terbangun antara pemerintah kalurahan, kabupaten, dan pusat. Namun demikian hingga saat ini usaha pemvalidan data tersebut belum sepenuhnya berhasil. Oleh karena itu Kementerian Sosial melalui Dinas Sosial Kabupaten meminta pihak kalurahan sebagai pemangku wilayah paling bawah yang sangat tahu kondisi masyarakat untuk melakukan pembenaran data dan penilaian kelayakan terhadap penerima bantuan sosial.

Menindaklanjuti perintah ini, Pemerintah Kalurahan Putat Sabtu (24/04/2021) mengumpulkan pemangku padukuhan (dukuh dan RW), Pendamping PKH, TKSK, dan Puskesos untuk bersama-sama melakukan pembenaran data dan penilaian kelayakan warga Kalurahan Putat yang menerima bantuan sosial baik dalam bentuk PKH, Sembako, dan BST. Pemerintah berharap upaya ini dapat memperbaiki data yang ada dan bantuan sosial benar-benar diberikan kepada masyarakat yang prasejahtera.

Pertemuan yang dilaksanakan di Pasar Kampung Emas Plumbungan ini dipimpin langsung oleh Lurah Putat, Sukardi. Dalam sambutannya di awal acara disampaikan bahwa Kalurahan Putat sudah nyicil dengan melakukan pemutakhiran dan evaluasi KPM PKH di akhir 2020 lalu dan mengahasilkan 59 KPM lulus PKH karena sudah sejahtera. "Seiring dengan niat dan upaya pemerintah pusat, Putat malah sudah duluan menggraduasi warga yang sudah sejahtera dari PKH, " imbuhnya.[YN]

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT