BIMBINGAN TEKNIS DAN FASILITASI BATIK CAP KHAS PUTAT DI JOGLO BATUR

Tari 08 April 2021 10:06:10 WIB

Putat (SIDA) – Pemerintah Kalurahan Putat melalui Dana Keistimewaan Tahap I salah satunya digunakan untuk Fasilitasi Kelompok Batik Kain sebesar Rp 54.610.000,00. Di Kalurahan Putat sudah ada 2 Kelompok Kain yaitu di Padukuhan Bobung dan Batur. Kelompok Batik Putat ini terdiri gabungan dari kelompok Padukuhan Batur dan Bobung sebanyak 20 orang.

Kelompok yang dulunya membatik topeng sekarang beralih menjadi batik kain karena dimasa pandemic covid-19 topeng menjadi berhenti produksi secara total.

Melalui Dana Keistimewaan Tahap I kedua kelompok diberi bimbingan dan pendalaman materi mengenai batik kain melalui cap dan semi cap yang di bimbing oleh Guntur susilo dari Padukuhan Kepek, Kapanewon Wonosari.

Dengan dana itu dibelikan peralatan dan sarana prasarana untuk membuat batik khas Putat yaitu batik bermotif topeng dan daun coklat. Karena Kalurahan Putat merupakan pusat kerajinan topeng dari kayu dan penghasil coklat. Bimbingan mengenai Batik Cap ini dilaksanakan selama 5 hari.

Bimbingan mulai dari proses pengecapan, pewarnaan dan perebusan sampai menjadi barang jadi. Dalam melakukan pembinaan tetap dengan mematuhi protokol kesehatan dari Pemerintah. Bimbingan teknis batik cap dilaksanakan di Joglo Batur.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT