WANITA TANGGUH PUTAT

Lian 07 April 2021 10:56:57 WIB

Putat (SIDA) – Tak ada batasan usia maupun gender untuk mengabdi demi perkembangan wilayahnya. Di usianya yang tak lagi muda, Sukarni masih terus berjuang demi kemajuan Putat dengan caranya. Sukarni yang sejak 2007 silam ditunjuk sebagai Koordinator Kader Kesehatan Kalurahan Putat menunjukkan kegigihan dan keuletannya demi membawa masyarakat Putat untuk hidup lebih sehat.

Wanita dua anak itu telah menjadi bagian dari Kader Kesehatan Putat sejak 1988, tentu saja tanggung jawab yang ia emban bukan tanpa hambatan. “Saya ingin memajukan dan mengabdi pada masyarakat,” itulah yang ia katakan saat kami melakukan wawancara. Ia juga menyampaikan sering mendapat kesulitan dalam mengerjakan buku karena pemahaman yang berbeda-beda dan harus dipelajari pelan-pelan sampai kadang harus begadang hingga tengah malam. Ia juga menceritakan pengalamannya saat harus wira-wiri untuk mengurus pendataan terkait posyandu ketika alat transportasi masih belum ada (belum banyak seperti sekarang). Apakah ia lelah atau menyerah? Tentu saja tidak, Sukarni menjalaninya dengan senang dan merangkul wanita-wanita Putat yang lain untuk ikut berjuang bersama.

Sebagai aktivis, Sukarni cukup aktif dalam berbagai kegiatan yang berhubungan dengan lansia, yandu, unilever, IMP sampai pendataan awal penyakit TBC. Tentunya dengan posisinya yang juga sebagai ibu rumah tangga menjadi kendala tersendiri, namun hal tersebut dapat ia atasi dengan membagi waktu untuk keluarga dan pekerjaan. Sukarni mampu menjalankan perannya, saat ia harus menjadi ibu sekaligus seorang ayah bagi kedua putranya. Tak mudah baginya untuk memberi pengertian pada keluarganya agar ia tetap bisa turut andil dalam kegiatan yang ia geluti selama ini. Memang tidak mudah mengurus rumah tangga sekaligus menjalani kesibukannya sebagai Kader Kesehatan, namun Sukarni menjalaninya dengan pikiran yang lebih santai sehingga segala kegiatannya tidak berakhir menjadi beban.

 

Berikut merupakan data diri Sukarni :

Data Diri :  
Nama : Sukarni
Tempat, tanggal lahir : Gunungkidul, 03 Juni 1967
Alamat : Plumbungan, Putat, Patuk, Gunungkidul
Agama : Islam
Status : Cerai Mati
     
Riwayat Pendidikan :  
Sekolah Dasar : SD N Sendangsari lulus tahun 1978
Sekolah Menengah Pertama : SMP N 2 Patuk lulus tahun 1982
     
Riwayat Pekerjaan :  
Toko Rame : Sebelum tahun 1988

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT