PERSIAPAN REALISASI DANA KEISTIMEWAAN, FASILITASI UMKM DAN PROGRAM KARANG TARUNA

wahyun 06 April 2021 15:24:27 WIB

Putat (SIDA) - Tahun 2021 Kalurahan Putat resmi menjadi Desa Mandiri Budaya, sehingga selain melaksanakan program dan kegiatan yang bersumber dari dana desa, kalurahan yang dikenal dengan kerajinan topeng kayu ini juga melaksanakan program dan kegiatan yang bersumber dari Dana Keistimewaan. Tahap I telah cair dan beberapa program siap dilaksanakan, diantaranya fasilitasi UMKM dan program untuk Karang Taruna berupa sablon serta pengadaan alat-alat publikasi dan pemasaran online.

Dalam rangka persiapan pelaksanaan program ini, Lurah Putat mengadakan rapat koordinasi pada Selasa (07/04/2021) yang dihadiri koordinator dari 8 kelompok UMKM, 3 perwakilan Karang Taruna Tunas Harapan, serta Ulu-ulu dan Kamituwa sebagai pelaksana kegiatan. 

Adapun 8 UMKM yang akan mendapat fasilitasi dari Dana Keistimewaan adalah IMUD dari Padukuhan Kepil, Rengginang dari Padukuhan Sendangsari, olahan kakao dari Padukuhan Gumawang, SERUPUTAN dari Putat Wetan, Ampyang dari Putat I, dan Keripik "Juara" dari Putat II. 

Lurah Putat memberikan arahan bahwa kegiatan fasilitasi ini dimaksudkan untuk mengembangkan usaha yang ada di tengah masyarakat sehingga dapat menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran. Tujuan utamanya adalah  untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, UMKM ini harus berbentuk kelompok dengan beranggotakan 20 orang. Tidak boleh usaha perorangan.

Pemasaran UMKM ini didukung dengan adanya program yang ditujukan untuk Karang Taruna yaitu usaha sablon dan pengadaan alat-alat publikasi elektronik seperti kamera, drone, dan lain sebagainya.

Dengan adanya program-program ini Lurah Putat, Sukardi, berharap dapat mengembangkan usaha kecil menengah dan meningkatkan kraetifitas anak muda. "Harapan kita bersama usaha ibu-ibu dapat berkembang, keratifitas anak-anak muda dapat terwadahi dan saling mendukung satu sama lain," tegas Sukardi pada akhir sambutannya. [YN]

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT