HUJAN DERAS DAN ANGIN KENCANG SEBABKAN POHON TUMBANG DAN LONGSOR

wahyun 04 April 2021 20:08:44 WIB

Putat (SIDA)-Hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi pada Minggu (4/4/2021) sore hari pukul 14.45 WIB sampai dengan 16.00 WIB yang mengguyur Kalurahan Putat mengakibatkan kerusakan di beberapa titik. Terpantau di beberapa grup WA yaitu pamong kalurahan, PRB Putat, dan Seputar Gumawang terlapor 4 kejadian bencana.

Adapun laporan bencana yang terhimpun adalah pohon tumbang dan jalan longsor di RT 32 RW 08 Padukuhan Putat I (Wagino), tebing sisi jalan longsor di RT 36 RW 09 Putat II, pohon tumbang menimpa rumah (Wagiyo) di RT 23 RW 06 Padukuhan Gumawang, dan jaringan kabel terbakar dan menyebabkan nyala api di pohon terjadi di RT 25 RW 06 Padukuhan Gumawang. 

PRB dengan melibatkan Tagana dan Babinsa dan koordinasi dengan dukuh setempat langsung megkondisikan pohon tumbang dan tanah longsor. Jaringan kabel terbakar juga langsung dilaporkan kepada PLN Patuk. 

Kondisi terakhir saat pemberitaan ini, pohon tumbang di Putat I dan Gumawang sudah ditebang. Tanah longsor di Putat I dan Putat II langsung diamankan oleh warga. PLN belum tiba di lokasi jaringan kabel terbakar karena banyak kejadian pohon tumbang mengenai jaringan listrik yang terjadi pada waktu bersamaan akibat hujan deras dan angin kencang sore tadi. 

Kebutuhan mendesak saat ini adalah terpal untuk menutupi longsoran tanah agar tidak terjadi longsoran kembali. "Kami butuh terpal untuk menutup longsoran," terang Sutrisna, warga Putat I dalam keterangan pesan WA-nya.

Peringatan Dini Cuaca di DIY menerangkan hujan lebat akan terjadi lagi dari 19.15 hingga 21.15 WIB nanti. "Semoga tidak ada tambahan bencana lagi, " harapan Kamituwa dalam pesan WA yang disampaikannya. [YN]

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT