MACAM-MACAM HOBI YANG BISA MENGHASILKAN UANG

29 Maret 2021 09:56:25 WIB

Hampir setiap orang memiliki hobi yang biasa dilakukan disela-sela waktu luang. Ada yang hobi olahraga, memasak, menonton film, atau hobi mendengarkan musik. Melakukan kegiatan yang menjadi kesenangan memang bisa menstimulus otak kita agar tetap berkembang. Selain itu, tahukah Anda jika di era digital seperti sekarang terdapat macam macam hobi yang bisa menghasilkan uang?

 

Hobi pribadi memang bisa menjadi sumber penghasilan. Sudah banyak orang yang berhasil membuktikan kesuksesan peluang bisnis berawal dari hobi, meski awalnya bagi kebanyakan orang dianggap hanya kegiatan sebagai pengisi waktu senggang.

 

Jadi, jika saat ini Anda sedang mencari hobi agar lebih produktif dari sekedar stalking media sosial mantan lebih baik mempertimbangkan beberapa jenis hobi berikut ini:

 

Ada berbagai jenis hobi yang bisa menghasilkan uang. Namun, beberapa pilihan hobi berikut ini merupakan hobi yang paling menjanjikan dari segi pendapatan maupun peluang untuk dimanfaatkan sebagai portofolio jika suatu saat Anda ingin melamar pekerjaan.

 

 

 

1. Hobi Fotografi

 

Fotografi menjadi hobi paling menarik yang bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan. Bahkan, banyak orang yang menjadikan aktivitas fotografi sebagai mata pencaharian karena keahliannya memang banyak dibutuhkan oleh perusahaan.

 

Adapun jika menurut Anda hobi fotografi bakal menyita waktu bekerja, Anda bisa mencoba mengais rejeki dari layanan stock foto seperti Shutterstock iStockPhoto atau 123RF. Selain itu, berbagai pekerjaan seperti fotografer pernikahan, wisuda, hingga foto model merupakan lahan yang sangat baik untuk menyalurkan hobi sambil menghasilkan uang saku tambahan.

 

 

 

2. Hobi Blogging

 

Hobi kedua yang bisa menghasilkan uang di era digital adalah blogging. Aktivitas yang didominasi oleh kegiatan menulis artikel ini mampu menawarkan banyak peluang dan keleluasaan dalam bekerja. Jika Anda memiliki keahlian dan hobi menulis maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba membuka penawaran kerja sama sebagai freelance content writer untuk mengisi website-website bonafit seperti hipwee.com, brilio.net, atau mojok.

 

Di era digital, menulis artikel juga bisa menjadi usaha yang menguntungkan. Hobi ini bisa Anda kembangkan menjadi sebuah startup digital yang menawarkan jasa pengisian konten untuk blogger yang tidak sempat mengupdate blog mereka.

 

 

 

3. Hobi Desain Grafis

 

Desain grafis menjadi hobi menguntungkan berikutnya yang bisa Anda kembangkan. Ibarat kata, sebuah gambar mampu menggantikan seribu kata, begitulah kira-kira pentingnya peran dari seorang desainer grafis. Memasuki era digital seperti sekarang, visual adalah segalanya karena mampu menyampaikan pesan dan informasi yang lebih mudah diserap oleh calon pengguna.

 

Jadi, jika Anda senang menciptakan desain atau membuat karya visual maka tidak ada salahnya jika Anda mulai membuat portofolio yang bisa disebar ke klien. Akan tetapi, Anda harus memiliki ciri khas tersendiri jika ingin mulai menekuni bisnis ini karena diluar sana sudah banyak desainer grafis yang mencoba mengais rejeki lewat layanan seperti Adobe Stock, 99Desain, Sribu, atau Fiverr.

 

 

4. Hobi Membuat Video

 

Selain konten dalam bentuk tulisan dan gambar, konten dalam bentuk video juga semakin banyak diminati perusahaan untuk membantu aktivitas promosi produk yang ingin dijual. Jadi, jika Anda merupakan tipe orang yang hobi mengumpulkan fotage dan mempelajari teknik-teknik pengambilan gambar maka Anda bisa menjual keahlian tersebut kepada agency yang membutuhkan videographer atau video editor.

 

 

Sementara jika aktivitas Anda sehari-hari cukup menarik dan bermanfaat untuk dibagikan, Anda bisa menjadikannya sebagai konten Vlog kemudian mengunggahnya di laman YouTube agar mendapatkan penghasilan dari tayangan iklan yang diklik oleh pengunjung.

 

 

 

5. Hobi Bermain Game

 

Berkat perkembangan teknologi, aktivitas bermain game saat ini juga bisa menjadi hobi yang menghasilkan uang. Tidak percaya? Coba Anda cek jumlah penonton dari video-video bertema gaming yang ada di kanal YouTube.com.

 

Tak hanya itu saja, gamers atau para penghobi game saat ini juga mulai semakin didorong untuk lebih profesional lewat program e-sport. Sekali turnamen hadiahnya bahkan bisa mencapai ratusan juta. Menarik bukan?

 

 

6. Hobi Membuat Website

 

Hobi ini biasanya diminati oleh para anak muda yang “melek” dunia IT. Akan tetapi, ada juga sebagian orang tua yang memiliki hobi membuat website setelah mengikuti pelatihan/seminar yang difasilitasi kantor sebagai salah satu program peningkatan kerja.

 

Nah, jika Anda terlanjut jatuh cinta dengan aktivitas pembuatan website maka salah satu cara yang paling elegan adalah membuka jasa pembuatan website untuk membantu para pelaku bisnis kecil, UKM, serta komunitas yang memerlukan eksistensi di jagat digital.

 

Hobi ini juga bisa menjadi bisnis yang menguntungkan karena Anda bisa menawarkan affiliate paket hosting murah dari Qwords.com untuk mengakomodir kebutuhan web hosting dan domain milik klien.

 

 

 

7. Hobi Traveling

 

Traveling belakangan menjadi aktivitas yang banyak digemari oleh generasi milenial. Terlepas dari kebiasaan membelanjakan uang untuk budget liburan, hobi traveling saat ni juga bisa menjadi salah satu sumber pundi-pundi uang.

 

Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat konten, baik tulisan, foto, maupun video perjalanan. Istilah kerennya Anda bisa menjadi seorang influencer yang membantu mengabarkan sekaligus memberikan panduan literatur bagi orang-orang yang ingin liburan tapi tidak mau repot melakukan riset terkait hal-hal yang perlu dipersiapkan.

 

Cara ini memang tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang karena Anda dituntut harus memiliki ribuan atau bahkan ratusan ribu followers agar dilirik oleh pihak klien yang mau membayar

 

 

 

Kesimpulan

 

Nah, itulah macam-macam hobi yang bisa menghasilkan uang di era digital. Jika Anda merasa kerja dibalik meja kantor terasa membosankan, maka tidak ada salahnya untuk mulai mengasah hobi yang Anda miliki agar tidak hanya sebatas hobi, tapi juga mampu menjadi pekerjaan sehari-hari yang Anda senangi.

 

Dengan begitu produktivitas Anda bakal semakin meroket karena dalam melakukan pekerjaan Anda merasa tidak terbebani.

 

Sumber: https://qwords.com/blog/macam-macam-hobi-yang-menghasilkan-uang/

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT