WISATA GUNUNGKIDUL TETAP BUKA 24 JAM SAAT LIBUR NATARU

30 Desember 2020 09:38:58 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul tetap membuka dan melakukan penarikan retribusi di tempat wisata selama 24 jam penuh pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul Asti Wijayanti mengatakan, pihaknya juga tidak membatasi pengunjung seperti daerah lain untuk berkunjung ke kawasan wisata. Menurut dia meski kapasitas kunjungan dibatasi, pengunjung yang datang lebih sedikit dari kapasitas kawasan, terutama kawasan pantai. Adapun, alasan tempat wisata tetap buka sampai malam adalah, banyak wisatawan yang sampai di tempat-tempat wisata Gunungkidul, khususnya pantai pada malam hari.

Padahal, sebenarnya ada aturan bahwa jam buka tempat wisata dibatasi hanya sampai pukul 22.00 WIB, sehingga wisatawan diimbau datang siang hari. "Namun, banyak wisatawan yang datang lebih dari pukul 22.00 WIB, terutama dari luar kota. Kalau kita tidak buka, justru kesulitan pengendaliannya," kata Asti kepada Kompas.com, Senin (28/12/2020).

Prioritaskan penerapan protokol kesehatan

Asti melanjutkan, Dinas Pariwisata Gunungkidul lebih memprioritaskan penerapan protokol kesehatan untuk wisatawan. Untuk itu, pihaknya melibatkan 511 personel yang berasal dari berbagai unsur, mulai dari aparat, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kecamatan, kalurahan, SAR, hingga komunitas kemasyarakatan.

Seluruh personel tersebut bekerja penuh selama 11 hari, mulai 24 Desember 2020 sampai 3 Januari 2020. Asti mengimbau kepada wisatawan untuk selalu memakai masker, tidak bergerombol, dan tidak berkerumun saat berkunjung.

Sebelumnya, Sekretaris Dispar Gunungkidul Harry Sukmono menyampaikan, untuk destinasi wisata yang tutup saat malam hari hanya kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran. Kawasan wisata lain bisa disinggahi saat malam hari, khususnya pantai. "Boleh menginap di kawasan pantai, tetapi tetap jaga protokol kesehatan, jangan berkerumun, tidak boleh menyalakan kembang api, dan tetap menggunakan masker," kata Harry.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wisata Gunungkidul Tetap Buka 24 Jam Saat Libur Nataru", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2020/12/29/132328327/wisata-gunungkidul-tetap-buka-24-jam-saat-libur-nataru.
Penulis : Kontributor Yogyakarta, Markus Yuwono
Editor : Anggara Wikan Prasetya

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

SURVEY KEPUASAN PENGUNJUNG