PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN HARI KEDUA DI WKSBM CAHYO SURGO

02 April 2017 18:13:52 WIB

Putat) Jumat tanggal 31 Maret 2017 yang lalu merupakan hari kedua dan sekaligus hari terakhir Pelatihan Kewirausahaan di WKSBM Cahyo Surgo Desa Putat. Kegiatan hari kedua dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan materi dan dilanjutkan praktek sablon dengan narasumber Daru Sayangdi Putra yang merupakan Direktur Batik Tancep dari Ngawen Gunungkidul.

Dalam materi yang disampaikan berisi tentang teknik dasar, peralatan dan bahan sablon. Dilanjutkan dengan penjelasan tahapan sablon mulai dari proses afdruk sampai dengan pencampuran warna secara detil, mulai dari bahan medium juga ruber/karet hinga cara perawatan alat. Selain itu juga disampaikan trik dan teknik designer pola gambar hingga ke target dan analisa pemasarannya. Sebagai contoh kaos oblong untuk dijual bebas, kain batik cap/sablon, sablon media kertas, plasik, keramik dan media lain.

“Setelah pelatihan ini selesai diharapakn ilmu tersebut dapat disebarluaskan di lingkungan Karang Taruna masing-masing Desa kemudian segera diaplikasikan agar tujuan dari pelatihan ini dapat tercapai, yaitu mewujudkan Pemuda yang Maju dan Kreatif.” Jelas M. Ali Syafrodin selaku Ketua WKSB Cahyo Surgo.

Setelah materi selesai dilanjutkan dengan praktek ke media nyata. Begitu nampak antusias para peserta dalam mengikuti kegiatan praktek ini. Mereka cenderung lebih bisa menangkap informasi dengan praktek dari pada teorinya. Karena suasana praktek terlihat lebih hidup dan menyenangkan karena para peserta dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan tidak hanya duduk mendengarkan yang biasanya menjadikan suasana menjenuhkan.

Kegiatan tersebut diakhiri pada pukul 14.00 WIB dengan membagikan Sertifikat kepada para peserta pelatihan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul.

Secara keseluruhan acara berjalan dengan lancar, hanya saja ada desa yang tidak mengirimkan peserta, serta ada desa yang mengirimkan nama peserta namun tidak berangkat pada saat pelatihan. Namun hal itu tidak menjadi halangan bagi WKSBM Cahyo Surgo sebagai fasilitator kegiatan. Ke depan, WKSBM Cahyo Surgo akan tetap berupaya memfasilitasi kegiatan-kegiatan lainnya bagi masyarakat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT