KIRAB BUDAYA MERTI DUSUN BATUR

02 April 2017 17:51:04 WIB

Putat) Minggu 2 April 2017 masyarakat Padukuhan Batur menyelenggarakan Kirab Budaya dalam rangka Merti Dusun atau Bersih Dusun (Rasulan). Bertempat di Joglo Batoer Hill Padukuhan Batur, acara dimulai pada pukul 10.00 WIB dengan dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul, Ketua Dewan Kebudayaan Gunungkidul, Camat Patuk dan Muspika Kecamatan Patuk, Ketua Dewan Kebudayaan Patuk, Kepala Desa Putat beserta Perangkat Desa Putat, Ketua BPD Desa Putat beserta anggotanya.

Acara yang dipimpin langsung oleh Tugimin selaku Dukuh Batur berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana. Diawali dengan Kirab Budaya oleh masyarakat Padukuhan Batur dengan bermacam-macam Bregada dan membawa jodhang yang berisikan hasil pertanian dari Balai Padukuhan Batur menuju Joglo Batoer Hill yang berjarak sekitar 250 meter.

Setelah sampai di Joglo Batur Hill kemudian dilanjutkan dengan acara serah terima hasil pertanian kepada Dukuh Batur dan kemudian diikrarkan dengan doa sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan atas kemurahan dan kelancaran rizki yang dilimpahkan selama satu tahun yang lalu dengan harapan tahun ke depan lebih dimakmurkan. Kemudian dilanjutkan dengan membagikan berkat kenduri kepada tamu undangan dan masyarakat serta hiburan berupa kesenian tradisional yang ada di Padukuhan Batur seperti Reog, Gejog Lesung dan Karawitan.

“Sebenarnya  Merti Dusun di Padukuhan Batur jatuh pada hari Senin Pon bersama dengan empat padukuhan lain di Desa Putat yaitu Bobung, Kepil dan Plumbungan, namun kali ini khusus untuk acara kirab budaya diajukan pada hari minggu agar semua lapisan masyarakat dapat mengikuti kegiatan ini.” Jelas Sumadi selaku salah satu Panitia Merti Dusun.

Dalam sambutannya, R. Haryo Ambar Suwardi, SH,M.Si selaku Camat Patuk menyampaikan harapan bagi masyarakat Padukuhan Batur, semoga ke depan menjadi masyarakat yang lebih maju, mandiri, makmur dan sejahtera yang diikuti jawaban amin secara serentak dan suara bersemangat oleh masyarakat.

Semoga dengan kegiatan semacam ini menjadikan Desa Putat tetap konsisten menjaga amanah Sk Gubernur DIY sebagai salah satu Desa Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT