PERJUANGAN TANPA HENTI UNTUK PUTAT

Lian 04 Desember 2020 21:14:47 WIB

Putat (SIDA) – Mengembangkan sebuah desa (kalurahan) tidaklah mudah. Sukardi, pemangku jabatan lurah saat ini sudah hampir 30 tahun lamanya mengabdikan diri untuk turut membangun Putat. Sejak usia muda, ayah dua anak ini telah terlibat dalam berbagai kegiatan pembangunan Putat hingga hasilnya dapat kita nikmati.

Pada tahun 1992 Sukardi bergabung dengan jajaran pemerintah kalurahan sebagai jagabaya yang dulu dikenal sebagai kepala bidang keamanan. Selama kurun waktu 23 tahun menjabat sebagai jagabaya, ia terlibat berbagai kegiatan pemberdayaan, di antaranya adalah merintis hutan rakyat dan peningkatan ketahanan pangan.

Pada saat itu wilayah Putat masih dalam kondisi kritis, di mana dari ujung timur dapat melihat wilayah Putat di ujung barat. Keadaan penampang tanah di Putat yang kitis mendorong pemerintah kalurahan untuk merintis hutan rakyat, Sukardi pun ikut andil dalam program kerja tersebut. Pemerintah kalurahan bahu-membahu bersama masyarakat menanam akasia dan mahoni untuk membenahi tanah tandus wilayah Putat.

Tidak hanya sampai di situ, Sukardi juga turut serta dalam meningkatkan ketahanan pangan dengan membina dan menggerakkan masyarakat, mengusulkan pembangunan saluran irigasi untuk mengubah tanah tegal menjadi sawah. Hal ini dilakukan dengan harapan masyarakat dapat melakukan dua kali panen padi dalam setahun.

Untuk melebarkan sayapnya, pada tahun 2015 lalu Sukardi mengikuti pemilihan lurah dan akhirnya memenangkan suara terbanyak. Tentu saja perjuangannya dalam memimpin dan merangkul segala aspek tidaklah mudah, namun Sukardi mampu membuktikan kecakapannya dengan membawa Putat semakin dikenal. Ia bersama semua pihak yang terlibat membawa Putat meraih penghargaan di berbagai bidang seperti hutan rakyat tingkat nasional, ketahanan pangan, melestarikan budaya dan masih banyak lagi lainnya.

Setelah sandang, pangan dan papan tercukupi Sukardi mengharapkan harkat dan martabat sebagai orang timur dapat tetap terlaksana. Harapannya ini agar warga Putar dapat menjalankan ibadah maupun bermasyarakat dengan aman dan nyaman.

“Marilah kita bersama-sama berbuat sekecil apa pun untuk kepentingan bersama sehingga dapat bermanfaat bagi orang lain karena uang dan harta bukan segala-galanya.” Demikianlah yang Sukardi sampaikan saat diwawancara oleh pihak redaksi.

 

Adapun data dari Sukardi adalah sebagai berikut : 

DATA DIRI
Nama : Sukardi
Tempat, tanggal lahir : Gunungkidul, 24 April 1963
Alamat : Kepil, Putat, Patuk, Gunungkidul
Agama : Islam
Status : Menikah

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT