TIPS BELI BAJU BEKAS KOLEKSI "PRELOVED" DAN "THRIFT SHOP"

21 November 2020 17:45:11 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- 

Koleksi baju bekas dari thrift shop dan preloved (PL) belakangan sedang menjadi tren. Untuk bisa mendapatkan busana yang bagus, Anda perlu ketelitian dengan mengikuti sejumlah tips dan pertimbangan saat membeli baju thrift shop dan preloved berikut ini

Thrift merupakan istilah yang identik dengan barang bekas atau seken yang berasal dari luar negeri termasuk juga baju. Sedangkan preloved merupakan istilah yang melekat pada koleksi busana yang dipakai pribadi dan kemudian dijual kembali.

Kini istilah thrift shop dan preloved sama-sama banyak digunakan online shop maupun pecinta mode untuk untuk busana yang pernah dimiliki oleh orang lain.

Koleksi thrift shop dan preloved sangat beragam mulai dari blus, atasan, tank topdress, luaran rajut, jaket, celana, dan rok.

Setiap thrift shop memiliki spesialisasi dan keunikan masing-masing. Barang-barang thrift pun umumnya merupakan keluaran label ternama yang dijual dengan harga murah dibandingkan koleksi baru.

Harga baju thrift dan preloved biasanya dimulai dari Rp5 ribu hingga ratusan ribu. Anda bisa mendapatkan koleksi baju yang masih bagus, layak pakai, branded, dan dengan harga yang sangat murah, jika beruntung Menggunakan baju thrift dan preloved juga ikut mendukung program sustainable fashion yang sedang ramai digaungkan.

Berikut tips dan pertimbangan saat membeli baju bekas preloved dan di thrift shop.

1. Perhatikan warna

Penting untuk memperhatikan warna dari baju preloved yang akan dibeli. Cermati warna apakah sudah kusam atau masih tampak bagus untuk dikenakan. Jika warna masih cerah, tidak luntur, tidak kusam, maka baju tersebut layak dibeli.

 

2. Perhatikan noda

Persoalan utama yang kerap dijumpai pada baju thrift adalah noda yang menempel. Periksa ukuran noda dan juga pastikan kembali apakah noda tersebut bisa dihilangkan, disamarkan, atau terletak di tempat yang tersembunyi.

Jangan sampai noda setitik merusak penampilan Anda.

3. Perhatikan jahitan

Perhatikan pula jahitan pada baju yang akan dibeli. Periksa apakah ada jahitan yang lepas, lengan karet yang melar, atau kancing yang sudah lepas. Jika tetap ingin membeli baju tersebut siasati kekurangan dengan menjahit kembali dan menambah kancing baru.

4. Kebersihan baju

Pertimbangkan pula kebersihan baju maupun toko thrift dan preloved. Sejumlah toko sudah mencuci atau me-laundry dan juga men-steam baju. Namun, sebagian lain ada yang mengirimkan baju dalam keadaan belum dicuci.

Selalu cuci kembali baju yang dibeli untuk memastikan kebersihan baju yang dipakai.

5. Padu padan yang pas

Saat membeli sebuah koleksi baju thrift shop dan preloved pastikan Anda sudah memiliki padu padan yang pas atau kegiatan untuk mengenakan baju tersebut. Jangan sampai baju yang sudah dibeli tidak dipakai dan hanya menumpuk di lemari.

6. Tawar harga

Jangan sungkan untuk menawar harga, terutama jika Anda menemukan cacat pada koleksi. Membeli baju thrift shop dengan harga murah akan membuat Anda semakin untung.

 

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201120150333-277-572423/tips-beli-baju-bekas-koleksi-preloved-dan-thrift-shop

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT