SUHU BIKIN GERAH, INI PENELASAN BMKG

Tari 18 November 2020 09:23:41 WIB

Wonosari,(pidjar.com)–Beberapa hari terakhir cuaca di kabupaten Gunungkidul terasa sangat panas. Banyak masyarakat yang mengeluhkan perubahan cuaca yang sangat signifikan ini. Perubahan suhu tinggi yang terjadi di Gunungkidul dan DIY tersebut disebabkan adanya faktor meteorologist.

Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta, Reni Kraningtyas mengatakan terdapat perubahan cuaca di DIY yang mengakibatkan suhu panas ini akan terjadi selama beberapa hari kedepan. Hal ini dikarenakan posisi matahari berada di belahan bumi bagian selatan, sehingga Jawa menerima intensitas radiasi matahari lebih tinggi jika dibandingkan dengan saat equinox.

“Berdasarkan pengamatan yang dilakukan ada beberapa faktor lainnya,” terang Reni Kraningtyas, Senin (09/11/2020).

Adapun faktor meteorologi lainnya adalah kondisi cuaca yang cerah. Saat tidak ada awan praktis hampir tidak ada yang menghalangi sinar matahari masuk ke bumi. Ini juga yang menyebabkan suhu bumi cepat tinggi dan terasa panas terik. Kondisi ini berpengaruh pula pada intensitas hujan yang terjadi di wilayah DIY.

Hampir beberapa hari terakhir tidak ada hujan dengan intensitas tinggi layaknya awal memasuki musim penghujan. Hanya beberapa daerah saja yang sore mendung namun kemudian tidak terjadi hujan.

“Kemungkinan 3 sampai 4 hari kedepan kondisi akan seperti ini. kemungkinan terjadi hujan yang signifikan juga sangat kecil,” sambung Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Klimatologi Yogyakarta, Ansndha Destantyo Nugroho

Menurut dia, misalnya terjadi hujan juga tidak sederas biasanya dan durasinya hanya pendek. Kemudian hujan itu pun juga tidak merata, hanya di bagian wilayah-wilayah tertentu saja dan cenderung panas.

Kendati demikian, BMKG tetap menghimbau warga untuk waspada dengan perubahan suhu yang terjadi. Pasalnya bisa saja sewaktu-waktu berubah dan sejumlah potensi kebencanaan dapat terjadi. Disamping itu, kesehatan juga patut dijaga dengan menerapkan pola yang sehat pasalnya, dalam kondisi seperti ini juga sangat rentan tubuh terpapar sakit.

 

https://pidjar.com/suhu-udara-bikin-gerah-ini-penjelasan-bmkg/30202/

Dokumen Lampiran : SUHU BIKIN GERAH, INI PENELASAN BMKG


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT