MONITORING RELAWAN GUGUS TUGAS DI ACARA HAJATAN DI ERA NEW NORMAL

17 Oktober 2020 00:37:52 WIB

PUTAT (SIDA) - Kamis 15 Oktober 2020, Relawan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kalurahan Putat melakukan monitoring dalam acara hajatan pernikahan. Acara hajatan pernikahan ini digelar di halaman rumah Ibu Jumilah, warga Padukuhan Gumawang.

Penerapan protocol kesehatan di era kebiasaan baru atau yang sering kita dengan yaitu new normal adalah suatu kewajiban, dan menjadi syarat wajib bagi masyarakat yang ingin menggelar acara hajatan atau resepsi pernikahan. Setiap warga masyarakat yang ingin menggelar acara hajatan terlebih resepsi pernikahan, harus melaporkan rencana acara tersebut secara tertulis kepada Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kalurahan Putat yang kemudian akan diteruskan ke Kapanewon Patuk dan Puskesmas Patuk.

Sebelum acara akan ada sambang sekaligus survey lokasi hajatan yang dilakukan oleh pihak Puskesmas, Kapanewon, dan dari Gugus Tugas Kalurahan Putat. Hal ini dilakukan bertujuan untuk melakukan simulasi acara sehingga acara yang akan diselenggarakan benar-benar menerapkan protocol kesehatan.

Dalam penyelenggaraan acara hajatan Ibu Jumilah, salah satu warga Padukuhan Gumawang didampingi dan dimonitoring oleh Relawan Gugus Tugas Covid-19 Kalurahan Putat dari awal acara sampai dengan selesai.

Tamu undangan yang datang dalam acara tersebut wajib mengenakan masker, kemudian cuci tangan yang telah disediakan tempat cuci tangan memakai sabun dan air mengalir, kemudian dicek suhu tubuh oleh Relawan yang bertugas. Setelahnya, buku tamu diisikan oleh petugas yang berjaga sehingga tamu yang datang tidak perlu menulis sendiri. Jarak tempat dudukpun telah diatur sedemikian rupa agar mengantisipasi penularan virus Covid-19.

Penerapan protocol kesehatan dalam acara hajatan pernikahan di rumah Ibu Jumilah Padukuhan Gumawang ini bukan yang pertama dilaksanakan, sebelumnya juga telah diberlakukan peraturan seperti ini. Untuk kedepannya dalam era kebiasaan baru, hal ini tetap penting dilakukan sebagai upaya pencegahan penularan virus Covid-19 di Kalurahan Putat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT