ENAM MANFAAT TAK TERDUGA DARI DAUN UBI JALAR

Tari 02 Oktober 2020 21:39:04 WIB

Jogja,(pidjar.com)–Selama ini ubi jalar hanya dikenal bagian umbinya saja untuk dikonsumsi. Ternyata daun ubi jalur justru memiliki manfaat yang jauh lebih besar daripada umbinya. Daun ubi jalar yang dapat dimakan adalah daun yang masih muda. Rasanya tak kalah sedap dari kumis kangkung yang pastinya sudah akrab di lidah Anda. Berikut enam manfaat daun ubi jalar untuk kesehatan dan kecantikan yang akan membuat Anda tak ragu untuk mencicipinya.

Mengencangkan Dan Mencerahkan Kulit

Daun ubi jalar memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak, bahkan lebih banyak dari ubi jalarnya sendiri. Sementara itu, vitamin C mampu menghasilkan kolagen dalam jumlah besar. Kolagen memproduksi protein yang dapat digunakan untuk mengencangkan dan mencerahkan kulit. Selain itu dapat dipakai untuk menghilangkan jerawat dan melembabkan kulit wajah. Bahkan terdapat antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Berbagai macam vitamin yang terkandung di dalam daun ubi jalar mempunyai peran dalam meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh pada manusia. Selain itu kandungan zat besinya juga membantu proses produksi sel darah putih yang dapat meningkatkan ketahanan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Mencegah datangnya penyakit jauh lebih baik daripada mengobati penyakit.

Melancarkan Pencernaan

Daun ubi jalar memiliki kandungan serat dan magnesium yang tinggi sehingga membantu kinerja organ-organ pencernaan seperti lambung dan usus. Dengan terbantunya organ tersebut maka bisa dipastikan proses penceraan di dalam tubuh akan menjadi lancar sehingga dapat membantu mereka yang sulit untuk buang air besar. Untuk itu biasanya daun ubi jalar direbus dan diminum air rebusannya, atau bahkan dimakan sebagai lalapan.

Mengobati Diabetes

Daun ubi jalar ternyata bisa digunakan sebagai obat herbal untuk membantu menyembuhkan sakit diabetes. Karena daun ini bisa membantu mengontrol gula darah yang ada di dalam tubuh. Caranya adalah dengan merebusnya dengan air panas, kemudian meminum air hasil rebusannya. Atau bisa juga memakainya sebagai lalapan. Namun bukan berarti penderita diabetes bisa memakan ini dengan seenaknya, melainkan disesuaikan dengan kebutuhan.

Mengobati Rasa Mual

Selain melancarkan pencernaan, daun ubi jalar juga bisa digunakan untuk mengobati rasa mual dan perih dalam perut yang disebabkan oleh radang lambung. Berbagai macam kandungan dalam daun ubi jalar seperti vitamin C dan vitamin B Kompleks sangat efektif untuk membantu meringankan sakit yang diderita. Bahkan serat yang ada di dalamnya bisa mencegah penimbunan asam sehingga mengurangi kemungkinan radang lambung.

Menyehatkan Jantung

Berbagai macam kandungan yang ada di dalam daun ubi jalar mampu menyeimbangkan cairan dan elektrolit yang ada di dalam tubuh. Elektrolit dibutuhkan untuk berbagai fungsi dan kegiatan di dalam tubuh. Agar semua fungsi berjalan normal maka keseimbangan elektrolit harus dijaga, salah satu triknya adalah dengan mengkonsumsi daun ubi jalar ini. Jika semua fungsi berjalan normal maka jantung tidak akan bekerja berlebihan sehingga lebih menyehatkan jantung.

 

https://pidjar.com/enam-manfaat-tak-terduga-dari-daun-ubi-jalar/16449/

Dokumen Lampiran : ENAM MANFAAT TAK TERDUGA DARI DAUN UBI JALAR


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT