MANFAAT AIR REBUSAN DAUN BELUNTAS YANG JARANG DIKETAHUI

25 September 2020 13:47:12 WIB

Merdeka.com - Daun beluntas merupakan salah satu jenis tanaman semak yang memiliki tinggi 3 meter dan bercabang banyak. Umumnya tanaman ini biasa tumbuh liar di pekarangan rumah, sehingga sering digunakan sebagai pagar oleh masyarakat Indonesia.

Akan tetapi, tak jarang daun beluntas juga kerap dijadikan lalapan makanan oleh sebagian kalangan. Di samping itu, daun yang memiliki nama lain pluchea indica ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Kandungan senyawa aktif berupa kalsium, magnesium hingga natrium pada daun beluntas berfungsi efektif menjaga kesehatan tubuh.

Beberapa kandungan daun beluntas tersebut juga berperan penting dalam mengatasi dan mencegah sejumlah penyakit. Lantas apa saja manfaat daun beluntas untuk kesehatan? Simak manfaatnya berikut ini.

Mengatasi Pegel Linu

Manfaat air rebusan daun beluntas yang pertama ialah dapat mengatasi pegel linu. Beberapa kandungan yang terdapat pada daun beluntas berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, sehingga hal ini juga berfungsi efektif dalam mengatasi pegal linu.

Untuk mendapatkan manfaat dari daun beluntas, Anda bisa mengonsumsinya dengan cara merebus 3-4 daun beluntas yang sudah di bersihkan. Kemudian minum air rebusan daun beluntas hingga pegal linu hilang.

Mengobati Rematik

Rematik merupakan penyakit yang menimbulkan rasa sakit akibat otot mengalami peradangan. Penyakit ini apabila tidak segera diatasi maka dapat menggangu aktivitas sehari-hari. Salah satu cara mengobati rematik ialah mengonsumsi rebusan daun beluntas.

Dilansir dari laman Pharmaceutical Sciences Asia, daun beluntas merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang dapat mengobati rematik. Pasalnya ekstrak daun beluntas memiliki efek anti inflamasi yang berperan penting mengatasi peradangan yang sering menjadi gejala rematik.

Mengatasi Keputihan

Keputihan atau vaginal disharge merupakan lendir yang keluar dari daerah kewanitaan. Meskipun dianggap normal, akan tetapi keputihan dapat menjadi sebuah tanda adannya penyakit, apabila hal ini menimbulkan beberapa keluhan, seperti nyeri hingga gatal-gatal di daerah kewanitaan.

Salah satu cara mengatasi keputihan yang disertai rasa gatal dan nyeri ialah mengonsumsi ekstrak daun beluntas. Dilansir dari laman Pharmaceutical Sciences Asia, ekstrak daun beluntas memiliki efek anti bakteri yang berfungsi efektif meredakan rasa nyeri akibat keputihan.

Menjaga Kesehatan Rahim

Manfaat air rebusan daun beluntas berikutnya ialah dapat menjaga kesehatan rahim. Pasalnya, ekstrak daun beluntas memiliki kandungan Antioksidan yang berperan penting dalam menjaga kesehatan rahim. Sehingga mengonsumsi air rebusan daun beluntas secara rutin dapat mencegah berbagai macam penyakit rahim.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat air rebusan daun beluntas lainnya yaitu mencegah penuaan dini. Hal ini karena ekstrak daun beluntas dapat berperan penting untuk mengganti sel-sel kulit mati, sehingga berfungsi efektif untuk menghambat proses penuaan dini. Selain itu, kandungan ini juga dapat mengatasi kerutan-kerutan pada wajah yang menjadi penyebab penuaan dini.

Mengatasi Bau Badan

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan bau badan, sebaiknya rutin mengonsumsi ekstrak daun beluntas. Pasalnya, beberapa kandungan ekstrak daun beluntas dipercaya dapat membantu mengurangi bau badan. Sehingga mengonsumsi rebusan air beluntas dapat menjadi deodoran alami dalam mengatasi bau tak sedap pada tubuh.

Sumber: https://www.merdeka.com/jateng/7-manfaat-air-rebusan-daun-beluntas-yang-jarang-diketahui-cegah-penuaan-dini-kln.html

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT