BRI LUNCURKAN LEMBAGA SERTIFIKASI PERBANKAN PERTAMA DI RI

24 September 2020 12:38:45 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- 

PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) (Persero) meluncurkan lembaga sertifikasi perbankan pertama di Indonesia bernama BRILSP. Lembaga ini ditujukan untuk mengoptimalkan daya saing insan BRILian yang unggul dan memiliki kompetensi yang baik dalam menjalani segala pekerjaan.

Menurut Direktur Human Capital BRI Herdi Harman hal itu dilakukan BRI untuk mendukung program pemerintah Indonesia yakni SDM unggul Indonesia maju. Konsep BRI ini juga dikhususkan ke dalam berbagai kategori yang menjadi poin penting proses sertifikasi ini.

"Pertama, kita menyasar ke technical competencies dan sejalan dengan sertifikasi yang kita peroleh ada general banking, treasury, wealth management dan lain sebagainya yang ini kali ini kita sudah dapat dari LSP," ujar Herdi dalam Launching BRILSP secara virtual, Rabu (23/9/2020).

Ia menuturkan lembaga sertifikasi untuk pekerja ini merupakan gagasan dari Direktur Utama Bank BRI Sunarso untuk membangun spesialis pekerja yang handal di era revolusi industri 4.0 ini. Terlebih adanya pandemi membuat tiap SDM harus mengoptimalkan segala aktivitasnya.

"Titik kedua dari LSP ini adalah dari sisi professional competencies. Kompetensi ini lebih ke soft skill yang membuat seseorang melaksanakan tugasnya secara mumpuni dan mampu, dimensi dimensi ini seperti achievement orientation, adaptability, customer service orientation, data driven dan digital literacy," ungkapnya.

"Softskill lainnya adalah leadership kompetensi, change leadership, developing others, strategic orientation ini contoh-contohnya. Tentu saja penguatan di tengahnya adalah character shaping kita juga ingin menyasar bintang-bintang kehidupan yang begitu peduli pada bangsanya makanya wawasan kebangsaan jadi penting," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan untuk mencapai visi perseroan sebagai The Most Valuable Bank In South East Asia dan Home tp The Best Talent, BRI siap menyiapkan talenta-talenta terbaiknya melalui BRILSP ini. Menurutnya, talenta ini akan memenuhi tiga kriteria yakni intelligence capital yang kuat, psychology yang baik dan social capital yang tinggi.

"Jadi ada dua yang kita transformasi ke depan, pertama digital dan kedua kultur. Tapi kunci dari transformasi ini adalah kultur di human capitalnya. Sebab membangun human capital itu membangun kultur, tidak bisa mengandalkan sinten (siapa), tetapi relay pada sistem," jelasnya.

Sunarso menambahkan menjalani pekerjaan di BRI ibaratkan bermain dalam sebuah 'game' yang menarik. Para pekerja harus bisa berkompetisi mengikuti aturan main yang baik untuk dan menyelesaikan segala tantangan. Selanjutnya tugas perusahaan adalah menyiapkan sistem dan aturan yang jelas.

"Oleh karena itu saya ingin semua orang mengeluarkan potensinya. Maka tugas perusahaan adalah menyiapkan sistem. Program-programnya adalah membangun sistem, supaya masing-masing individu mampu merencanakan suksesnya sendiri dan semua transparan dan kredibel," tegas Sunarso.

Lebih lanjut, Sunarso menyebutkan dalam mencari talenta terbaik, BRI secara proaktif melakukan talent scouting ke berbagai universitas terbaik di Indonesia bahkan di luar negeri dengan berbagai program seperti scholarship, internship, contest. BRI juga membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik di Indonesia Timur dan juga memberikan kesempatan bagi para difabel.

"Melalui berbagai inisiatif komunikasi untuk membangun employer branding, BRI berupaya menarik para talenta terbaik untuk bergabung membangun bangsa melalui BRI," pungkasnya.

Sebagai informasi, sebagai salah satu realisasi dari talent development, BRI telah resmi memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi BRI yang akan melakukan pembuktian kompetensi dengan sertifikasi profesi pada bidang kompetensi tertentu.

LSP BRI merupakan LSP perbankan pertama yang telah berdiri sejak 29 Oktober 2019 dan telah mendapat Lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), sertifikat yang dikeluarkan telah diakui secara nasional di Indonesia dan Asia Tenggara. Selain hal tersebut, LSP BRI mengacu kepada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), sehingga akan memiliki added value dan daya saing bagi para pekerja BRI Group.

 

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200924110439-297-550307/bri-luncurkan-lembaga-sertifikasi-perbankan-pertama-di-ri

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT