GUNUNUNGKIDUL DIGUYUR HUJAN RINGAN, TERNYATA INI PENYEBABNYA

Tari 12 Agustus 2020 10:11:46 WIB

Wonosari, (gunungkidul.sorot.co)--Sebagian besar wilayah Kabupaten atau Kota di Daerah Istimewa Yogyakarta meliputi Kulon Progo, Gunungkidul, Sleman, Yogyakarta serta Bantul diguyur hujan dengan intensitas ringan pada 11 Agustus 2020, sore hingga malam kemarin.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas 1 Sleman, Agus Riyanto mengatakan berdasarkan analisis pada lapisan ketinggian 700 mb pukul 00.00 UTC (Coordinated Universal Time), hujan di wilayah tersebut karena adanya pertemuan arus angin di wilayah pulau Jawa.

Hal itu ditandai dengan belokan angin dan perlambatan kecepatan angin akibat aktivitas sirkulasi siklonik yang berpusat di Perairan Selatan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Perlambatan kecepatan angin ini, sambung Agus, mengakibatkan penumpukan massa udara di wilayah provinsi Jawa Tengah sehingga mendukung pertumbuhan awan tipe stratiform atau jenis awan rendah bersifat merata. Oleh karena itu terjadi hujan ringan yang cukup lama di DIY.

Agus menyampaikan prakiraan cuaca yakni hujan dengan intensitas ringan masih akan terjadi hingga 13 Agustus 2020 pukul 19.00 WIB, di wilayah Perairan dan Samudera Hindia Selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.

 

https://gunungkidul.sorot.co/berita-101875-gunungkidul-diguyur-hujan-ringan-ternyata-ini-penyebabnya.html

Dokumen Lampiran : GUNUNUNGKIDUL DIGUYUR HUJAN RINGAN, TERNYATA INI PENYEBABNYA


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT