PENANGANAN COVID-19 DIY DISEBUT TERBAIK, SULTAN: SUDAH JADI KEWAJIBAN

18 Juli 2020 15:38:20 WIB

Yogyakarta - 

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut penanganan virus Corona atau COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi yang terbaik sejauh ini. Lalu bagaimana tanggapan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X terkait hal tersebut?

"Ya terima kasih saja, gitu lho. Tapi itu (penanganan COVID-19) kan sebetulnya kewajiban seluruh kabupaten provinsi di Indonesia ini," kata Sultan saat ditemui wartawan di Bangsal Kepatihan, kompleks kantor Gubernur DIY, Kamis (16/7/2020).

"Bagaimana bisa melaksanakan tugasnya dengan bertanggung jawab dengan baik, karena hakikatnya yang penting itu," lanjutnya.

Sultan melanjutkan, penanganan COVID-19 di DIY selama ini menempatkan masyarakat sebagai subjek dan bukan objek dalam mengambil kebijakan selama pandemi COVID-19. Menurutnya, hal itu efektif dalam mengajak masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan COVID-19.
 

"Masyarakat itu menjadi subjek di dalam proses kebijakan yang ada, jangan sampai masyarakat itu merasa diperintah kon ngalor kon ngidul (suruh ke utara suruh ke selatan)," ucapnya.

"Tapi bagaimana kebijakan itu dibikin masyarakat jadi subjek karena pada hakikatnya yang sakit ya masyarakat sendiri dan yang sehat masyarakat sendiri. Jadi meletakkan pada kepentingan bahwa masyarakat harus bisa menjaga dirinya sendiri," imbuh Sultan.

Untuk menumbuhkan hal tersebut, Sultan mengaku salah satu caranya dengan meminta agar pemerintah desa mencatat setiap pendatang yang masuk ke DIY. Hal tersebut juga dibarengi dengan keaktifan lurah, babinsa, bhabinkamtibmas yang nantinya melecut partisipasi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

"Secara di bawah kesadarannya dia (masyarakat) akan berfungsi jadi subjek itu sendiri, untuk memberikan kesadaran pentingnya sehat dan pakai masker dan sebagainya," ujarnya

 

Lambat laun, kata Sultan, kesadaran masyarakat akan memakai masker, jaga jarak dan sering cuci tangan akan terbentuk.

 

"Jadi secara tidak langsung kesadaran pakai masker dan sebagainya karena kesadarannya sendiri, karena dia menjadi subjek dalam proses kebijakan itu sendiri. Bukan saya merasa kuasa mengeluarkan keputusan semau saya, kan gitu, tapi masyarakat sendiri yang mengantisipasi," kata Sultan.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi mengapresiasi penanganan virus Corona (COVID-19) di lima provinsi di Indonesia. Kelima daerah tersebut dinilai berhasil mengendalikan virus Corona berdasarkan parameter Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

 
Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT