PERBEDAAN RAPID TEST DAN SWAB UNTUK DETEKSI COVID-19

Tari 28 April 2020 09:26:23 WIB

Wonosari,(gunungkidul.sorot.co)--Untuk mendeteksi virus corona pada pasien, pemerintah menggunakan dua metode yakni rapid test dan Polymerase Chain Reaction (PCR). Kedua metode tersebut merupakan pemeriksaan yang berbeda, baik alat maupun proses pemeriksaannya.

Kepala Dinas Kesehatan, Dewi Irawaty menuturkan, rapid test hanya digunakan sebagai secrening awal dan tidak bisa menentukan diagnosa pasien. Untuk mendiagnosis pasien Covid-19 harus melalui pemeriksaan swab tenggorokan.

 

"Pemeriksaan rapid test, yang diperiksa adalah sampel darah pasien. Caranya pasien diambil sampel darahnya lalu diletakkan pada sebuah alat, dan hasilnya akan diketahui saat itu juga," kata Dewi Irawaty, baru-baru ini.

 

 

Namun demikian, lanjut Dewi, rapid test tidak memeriksa keberadaan virus corona pada pasien, namun mendeteksi antibodi pada tubuh pasien. Sedangkan untuk mendiagnosis seseorang terinfeksi Covid-19 atau tidak yakni menggunakan pemeriksaan swab tenggorokan di laboratorium. 

 

"Swab tenggorokan pasien diambil dengan alat oleh petugas khusus di rumah sakit, kemudian dikirim ke laboratorium. Hasil pengujian spesimen di laboratoroum itulah yang menentukan pasien positif atau negatif Covid-19," terang Dewi Irawaty.

 

Ditambahkan oleh dr. Ani Uswatun Chasanah, Spesialis Patologi Klinik di RSUD Wonosari, untuk pemeriksaan dengan metode PCR, pengambilan sampel swab hingga proses pengiriman ke laboratorium yang ditunjuk oleh pemerintah menggunakan standar yang telah ditentukan.

 

"Pengambilan Swab tenggorokan oleh tenaga khusus yang sudah dilatih. Lalu spesimen ditempatkan dalam tempat yang cukup aman dan berlapis. Sehingga itu akan menjamin kualitas spesimen meskipun hingga beberapa hari antri untuk diperiksa di laboratorium," jelas dr. Ani.
http://gunungkidul.sorot.co/berita-101467-perbedaan-rapid-test-dan-swab-untuk-deteksi-covid-19.html

Dokumen Lampiran : PERBEDAAN RAPID TEST DAN SWAB UNTUK DETEKSI COVID-19


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT