VINDA BATIK CRAFT BATUR

Tari 18 April 2020 21:04:24 WIB

Putat (SIDA)- Perajin topeng di Padukuhan Batur sampai sekarang masih eksis walaupun pesanan tidak menentu tapi tetap masih berproduksi. Salah satunya adalah VINDA BATIK CRAFT pimpinanya Bapak Sardi. Yang memproduksi topeng, alphabet, nampan, souvenir-souvenir dan kerajinan tangan lainnya.

Usaha milik Sardi ini juga menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga sekitarnya. Seperti sekarang ini ia mendapatkan pesanan topeng dari Kalimantan. Semua proses produksinya masih manual sehingga kualitasnya tetap terjaga.

Dengan pesanan dari Kalimantan tersebut sekarang banyak yang bekerja disana untuk membuat, mengecat dan finishing topeng tersebut karena jumlahnya yang cukup banyak. Selain menerima pesanan dari lokal Sardi juga menerima pesanan dari interlokal atau dari luar negeri.

Beliau sudah mengikuti pameran keberbagai daerah, rutin setiap tahun ikut pameran di Jakarta bahkan sudah pernah pameran di Turki dan China. Berbagai macam kerajinan dibuat dari yang klasik sampai yang modern. Baik itu dibatik atau yang dicat semuanya ada tergantung pesanan pelanggan.

Bahan baku yang digunakan dari kayu sengon dan gambelina yang didapat dari luar daerah karena didalam daerah tidak mencukupi.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT