CARA MENGURANGI STRES SAAT ISOLASI MANDIRI KARENA VIRUS CORONA

Tari 01 April 2020 19:06:26 WIB

JAKARTA, iNews.id - Penyebaran virus korona baru (Covid-19) semakin meluas dengan angka kasus positif terus meningkat di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Per Sabtu (21/3/2020), jumlah pasien positif korona mencapai 450 orang.

“Ada kasus baru sebanyak 81 orang, jadi total 450," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Korona, Achmad Yurianto, Sabtu (21/3/2020).

Oleh karena itu, pemerintah mengimbau sejumlah cara pencegahan untuk menekan penyebaran virus korona baru. Di antaranya social distancing, self isolation atau isolasi mandiri, bekerja dari rumah dan sebagainya untuk mengurangi interaksi fisik antar manusia.

Isolasi mandiri kerap menjadi pilihan sebagian orang demi tetap menjaga dirinya agar tidak tertular atau menularkan pada orang lain. Terutama bagi mereka yang curiga telah melakukan kontak langsung maupun tidak langsung dengan orang yang positif virus korona.

Namun, isolasi mandiri tidak mudah bagi sebagian orang yang terbiasa dengan rutinitas sosial. Bagi beberapa orang, gagasan terputus dari dunia luar, sendirian atau dengan hanya beberapa anggota keluarga dekat akan mengisinya dengan ketakutan.

Namun, ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk membantu Anda beradaptasi. Apa saja? Mari simak langkahnya seperti dirangkum iNews.id dari Inverse, Minggu (22/3/2020).

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Penelitian tentang efek kesepian menunjukkan bahwa ketika orang tidak memiliki koneksi sosial, mereka cenderung menderita masalah kesehatan fisik. Kesepian juga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda.

Oleh sebab itu, isolasi mandiri yang Anda lakukan seharusnya tidak menghasilkan perubahan signifikan untuk cara kerja sistem kekebalan tubuh Anda. Jadi selama isolasi diri, Anda harus mencoba beberapa cara untuk meningkatkan respons kekebalan Anda. Misalnya, berolahraga, konsumsi makanan bergizi seimbang, konsumsi sayuran dan buah, mendapatkan cukup vitamin, dan memanajemen stres.

Psikolog juga percaya bahwa mendengarkan musik ceria atau menonton film juga dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh Anda.

2. Tetap terhubung dengan orang lain

Alasan yang jelas mengapa orang yang terisolasi mungkin merasa stres atau cemas adalah mereka tidak dapat memiliki dukungan dari teman dan keluarga untuk membantu menghadapi situasi yang sulit dan berbagi kekhawatiran.

Studi juga menunjukkan bahwa tanpa dukungan sosial seperti itu, orang dapat beralih ke strategi koping yang kurang positif, seperti kurang bergerak, makan junkfood atau minum alkohol.

Jadi selama isolasi mandiri, Anda harus tetap berhubungan dengan jejaring sosial Anda. Ini bisa semudah menelepon teman untuk mengobrol, mengirim E-mail atau bergabung dengan diskusi melalui media sosial. Sebab, menjangkau seorang teman telah terbukti lebih baik untuk kesehatan mental Anda.

 

 

Sumber : https://www.inews.id/lifestyle/health/cara-mengurangi-stres-saat-isolasi-mandiri-karena-virus-korona

Dokumen Lampiran : CARA MENGURANGI STRES SAAT ISOLASI MANDIRI KARENA VIRUS CORONA


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT