PASIEN COVID-19 INSYA ALLAH BISA SEMBUH, INI TIPS NYA

Tari 31 Maret 2020 18:04:24 WIB

Wonosari, (gunungkidul.sorot.co)--Kampanye sosialisasi pencegahan penularan Covid-19 terus dilakukan. Tagar di rumah saja (#dirumahsaja) pun semakin gencar dikampanyekan di media sosial, terlebih bagi pemudik yang pulang ke kampung halaman.

Bagi pemudik atau orang yang datang dari daerah zona merah Covid-19 memiliki risiko lebih tinggi membawa virus dan menularkannya. Sehingga himbauan untuk isolasi mandiri selama 14 hari disampaikan kepada mereka. Lalu seberapa pentingkah kita harus patuh terhadap himbauan agar tetap di rumah saja ?

Menurut Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Gunungkidul, dr. Diah Prasetyorini, dengan berdiam diri di rumah, maka rantai penularan virus itu dapat diputus. Berdasarkan penelitian, hanya sekitar 7 % yang memerlukan perawatan di rumah sakit dengan menggunakan alat bantuan pernapasan.

 

"Pasien Covid-19 Insya Allah bisa sembuh. Pada kasus yang ringan, dia bisa beraktivitas seperti biasa, sehingga kalau tidak ada gerakan berdiam di rumah, maka penularan akan semakin banyak," kata dr. Diah Prasetyorini, Minggu (29/03/2020).

 

 

Lanjut Diah, bagi perantau yang sudah terlanjur datang ke kampung halaman, diharapkan mengikuti anjuran pemerintah, tetap berdiam di rumah sampai 14 hari. Peran masyarakat untuk berdiam di rumah, sangat membantu menekan penularan Covid-19. 

Protokol melakukan isolasi mandiri dari Kementerian Kesehatan yakni :

1. Selalu memakai masker dan membuang masker bekas di tempat yang ditentukan.

2. Jika sakit (ada gejala demam, flu dan batuk), maka tetap di rumah. Jangan pergi bekerja, sekolah, ke pasar atau ke ruang publik untuk mencegah penularan masyarakat.

3. Manfaatkan fasilitas telemedicine atau sosial media kesehatan dan hindari transportasi publik. Beri tahu dokter dan perawat tentang keluhan dan gejala, serta riwayat bekerja ke daerah terjangkit atau kontak dengan pasien Covid-19.

4. Selama di rumah, bisa bekerja di rumah. Gunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lainnya, dan jaga jarak 1 meter dari anggota keluarga.

5. Tentukan pengecekan suhu harian, amati batuk dan sesak napas. Hindari pemakaian bersama peralatan makan dan mandi dan tempat tidur.

6. Terapkan perilaku hidup sehat dan bersih, serta konsumsi makanan bergizi, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan Iakukan etika batuk dan bersin.

7. Jaga kebersihan dan kesehatan rumah dengan cairan desinfektan. Selalu berada di ruang terbuka dan berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi (15-30 menit).

8. Hubungi segera fasilitas pelayanan kesehatan jika sakit berlanjut seperti sesak napas dan demam tinggi, untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

 

Sumber : http://gunungkidul.sorot.co/berita-101333-pasien-covid-19-insya-allah-bisa-sembuh-ini-tipsnya.html

Dokumen Lampiran : PASIEN COVID-19 INSYA ALLAH BISA SEMBUH, INI TIPS NYA


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT