INDONESIA MEMANGGIL: PELATIHAN PENANGANAN COVID-19

29 Maret 2020 18:39:04 WIB

Jakarta, LIPI – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengundang unsur pegawai di lingkungan LIPI, Kementerian Riset dan Teknologi/BRIN, Kementerian Kesehatan RI, Lembaga Pemerintah dan Unversitas untuk bergabung dalam Pelatihan Penanganan Covid-19 di Fasilitas Bio Safety Level-13 LIPI, Cibinong, Jawa Barat.

Dalam rangka pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia terlatih dalam penanganan mikroorganisme pathogen semacam SARS-CoV2 (Covid-19), LIPI mengundang PNS/Non PNS/ Kandidat CPNS di lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Kementerian Kesehatan, Kementerian Riset dan Teknologi, Universitas, Pemerintah Daerah untuk tergabung dalam Pelatihan Tim Pemeriksa Covid-19.

Pelatihan ini akan dipandu oleh instruktur dari World Bio HazTech (WBHT) Singapura, Kementerian Kesehatan RI, juga Asosiasi Biorisiko Indonesia (ABI). Nantinya seluruh peserta akan difasilitasi di asrama Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan LIPI Cibinong.

Pelatihan ini akan dilakukan di fasilitas BSL-3 LIPI yang berstandar WHO dan materi yang akan diberikan meliputi: pengetahuan mengenai pathogenesis virus, cara bekerja di laboratorium Biosafety Level-2 dan 3, manajemen resiko untuk menghindari Laboratory Acquired Infection (LAI), pemakaian alat pelindung diri, isolasi RNA dan RT-PCR.

Adapun latar belakang keahlian yang harus dimiliki adalah Biologi, Mikrobiologi, Bioteknologi, Zoonosis, atau Kimia Obat, dan memiliki pengalaman bekerja dengan metode berbasis biologi molukuler, yaitu isolasi materi genetic dan RT-PCR.

Kriteria Peserta yakni: memiliki pengalaman bekerja di Laboratorium Biosafety Level-2, memiliki pengalaman bekerja dengan metode berbasis biologi molukuler yaitu isolasi materi genetic dan RT-PCR, serta memiliki minat untuk bergabung bersama laboratorium rujukan pemeriksaan Covid-19.

Sedangkan untuk Kriteria Instruktur yaitu: memiliki pengalaman riset di Fasilitas BSL-3 atau AnimalBSL-3, memiliki sertifikat pelatihan Biosafety terstandar, menguasai metode berbasis biologi molukuler, dan dapat membuat modul pelatihan secara komprehensif.

Untuk kandidat yang berminat dapat melakukan pendaftaran melalui bit.ly/opencalltenagaterlatih. Pendaftaran dibuka sampai tanggal 30 Maret 2020 pukul 12:00 WIB.

 

Sumber: Twitter Resmi LIPI @lipiindonesia

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT